Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Otomotif 

Menristek Luncurkan Dua Jenis Mobil Ramah Lingkungan
Minggu, 14-06-2015 | 20:02 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono dan Muhammad Zainurrofi
pojokpitu.com, Ditengah ramainya industri mobil murah, mahasiswa Poltek Kota Kediri berhasil membuat dua mobil ramah lingkungan, mobil bertenaga listrik dan mobil bertenaga surya. Dua mobil ini adalah generasi pertama yang murni buah karya dari mahasiswa semester 6 Poltek Kota Kediri yang secara resmi diluncurkan Menristek dan Dikti, Minggu (14/6).

"Mobil yang dirancang selama 6 bulan ini mampu menempuh jarak 60 kilometer dan 30 kilometer dengan kecepatan 60 kilometer per jam," ungkap Menrsitek Muhammad Nasir.

Ia menambahkan, mobil bertenaga listrik dengan body honda accord memiliki kapasitas penumpang 2 orang. Mobil ini membutuhkan listrik sebesar 96 volt atau menggunakan 8 batrei. Mobil sebagaian  menggunakan komponen local. Namun, ada beberapa komponen yang diimpor dari luar negeri, seperti motor listrik, controler, contactor dan fruttrotle. 

"Untuk mobil listrik biayanya menghabiskan biaya Rp 60 juta, sedangkan mobil bertenaga surya surya victory menghabiskan biaya hanya Rp 20 juta," jelas Jatmiko Dwi Prasetyo, ketua jurusan mesin Poltek Kediri.

Menurut Jatmiko, Mobil surya victory adalah mobil pertama yang tercipta di Kota Kediri. Mobil ini didesain memiliki dua panel tenaga surya dan dengan kapasitas penumpang 1 orang serta memiliki kecepatan 30 kilometer per jam. Untuk tahap selanjutnya, kedua mobil ramah lingkungan ini kan dikembangkan  untuk penyempurnan, sehingga nantinya bisa diproduksi masal.(ern)

Berita Terkait


Menristek Luncurkan Dua Jenis Mobil Ramah Lingkungan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber