Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Beginilah suasana tradisi kuno warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, dihari pertama malam lebaran. Foto: Abdul Majid
Tradisi Kuno Mada-Mada Warga Pasuruan
Kamis, 06-06-2019 | 12:45 wib
Oleh : Abdul Majid
Berita Video : Tradisi Kuno Mada-Mada Warga Pasuruan
Pasuruan pojokpitu.com, Ada tradisi kuno warga Kota Pasuruan bersilaturahmi halal bihalal lebaran pada Rabu (5/6) malam. Satu kampung mulai dari anak kecil sampai dewasa menyerbu satu rumah secara bergantian menghabiskan hidangan. Warga sekitar menyebutnya dengan tradisi mada-mada.

Tradisi kuno ini digelar warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, dihari pertama malam lebaran.

Usai sholat mahgrib berjamaah, ratusan warga terdiri dari anak-anak hingga orang tua menyerbu rumah warga secara bergantian halal biahalal massal.

Dipimpim ulama setempat, ratusan warga bersholawat dan berdoa dirumah warga berkeliling dari ujung gang sampai ke gang sebelahnya.

Jajanan dan kue khas lebaran sudah disiapkan semuanya oleh pemilik rumah. Haslinya dalam sekejap, ratusan warga langsung menghabiskan hidangan tersebut dan berganti kerumah warga lainnya.

Menurut sesepuh warga, Fatkur, mada-mada sendiri diambil dari bahasa jawa yang makanya bersilaturahmi halal bihalal massal dirumah warga.

"Biasanya tradisi mada-mada ini berlangsung hingga tengah malam, itupun tergantung warga yang singgah berlama-lama dirumah warga sambil menikmati suguhan," kata Fatkur.

Tradisi mada-mada ini akan terus dilakukan oleh warga Kota Pasuruan, karena tradisi ini kuno turun temurun nenek moyang mereka. (yos)

Berita Terkait


Tradisi Kuno Mada-Mada Warga Pasuruan

Tradisi Unjung-Unjung Sangat Dinantikan Masyarakat Lamongan

Tradisi Potong Rambut Saat Lebaran


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber