Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Siap - Siap, PPDB SMA-SMK Jalur Prestasi Mulai 11 Juni
Kamis, 06-06-2019 | 09:15 wib
Oleh :
Gresik pojokpitu.com, Pendaftaran jalur prestasi ke SMA-SMK negeri akan dibuka pada 11-13 Juni. Pendaftar jalur itu bisa berasal dari berbagai zona di seluruh Kota Santri. Namun, mereka harus berdomisili di wilayah Kabupaten Gresik.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gresik Puji Hastuti menjelaskan, prestasi bisa berupa prestasi akademik maupun nonakademik. Tingkatannya bervariasi. Baik itu internasional, nasional, provinsi, maupun kabupaten.

Prestasi akademik merupakan prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya, menang di Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), maupun Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

Prestasi nonakademik lebih beragam. Ada prestasi di bidang seni, olahraga, keagamaan, dan Pramuka.

Prestasi di bidang seni adalah menjadi juara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Di bidang olahraga, para pendaftar pernah berprestasi dalam Gala Siswa Indonesia (GSI), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), pekan olahraga provinsi (porprov), Pekan Olahraga Nasional (PON), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), pekan olahraga pelajar wilayah (popwil), pekan olahraga pelajar daerah (popda), Asian Games, SEA Games, dan Olimpiade.

Selain itu, ada prestasi di bidang keagamaan. Misalnya, pernah memenangi lomba musabaqah tilawatil Quran (MTQ) dan penghafal Alquran atau hafiz Quran (minimal 10 juz). Terakhir, berprestasi di Pramuka dengan menjadi pemenang Jambore Nasional (Jamnas).

Puji menyebutkan, untuk prestasi beregu, jumlah yang diterima di satuan pendidikan tidak boleh melebihi tiga orang. Baik itu tingkat internasional, nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Kuota jalur prestasi mencapai 5 persen dari pagu sekolah yang terdiri atas 3 persen prestasi lomba akademik/nonakademik dan 2 persen prestasi nilai ujian nasional.

Prestasi nilai ujian nasional berdasar nilai ujian nasional calon peserta didik yang berasal dari luar zona. Pemeringkatan mengacu pada nilai ujian nasional yang tinggi. (fit/c14/roz/jpnn/yos)

Berita Terkait


Sudah Dua Tahun SDN Patihan Tidak Dapat Murid

Jalur Zonasi Ditambah, Puluhan Jalur Prestasi Terlempar

PPDB SMPN Selesai, SMP Swasta Masih Kekurangan Murid

Sistem Zonasi Terlalu Prematur Dilaksanakan


Antrian Panjang Terlihat Dalam PPDB SMP di Kota Pasuruan

Tahun Depan Harus Dispensasi Untuk Aturan Zonasi PPDB

Terkait PPDB Zonasi, Komisi 10 Kunjungi Dinas Pendidikan Jatim

Hari Terakhir Daftar Ulang PPDB SMA, Beberapa SMA Belum Penuhi Pagu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber