Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Tradisi Balon Udara Lebaran Tetap Dilakukan Warga Blitar
Kamis, 06-06-2019 | 00:15 wib
Oleh : Mohammad Asrofi, Imron Danu
Blitar pojokpitu.com, Berbagai tradisi dilakukan warga untuk menyambut datangnya hari raya idul fitri, seperti yang dilakukan jamaah Musholah Darul Huda Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, dengan melepas balon udara. Setelah itu dilanjutkan dengan kenduri bersama.

Pelepasan balon udara dilakukan warga setempat usai melaksanakan sholat idul fitri, tradisi unik yang dilakukan setiap tahun ini mendapat sambutan antusias dari warga.

Balon besar berdiameter empat meter tersebut dinaikkan dengan bantuan asap dari pembakaran daun dan juga sabut kelapa. Hiburan unik tersebut yang hanya bisa dijumpai satu tahun sekali menambah semarak suasana perayan lebaran di Kabupaten Blitar.

Makinnuddin, pengurus musholah, mengatakan, dengan pelepasan balon udara tersebut diharapkan bisa menambah semarak perayaan idul fitri.

"Selain itu menjadi daya tarik warga agar berdatangan ke mushollah untuk menunaikan sholat idul fitri. Jika sebelumnya warga melepas puluhan balon namun tahun ini hanya melepas dua balon saja," kata Makinnudin.

Setelah menerbangkan balon udara dilanjutkan dengan genduri dan makan bersama bersama di mushoolah setempat. Ini sebagai bentuk syukur karena selama satu bulan dapat menjalankan ibadah puasa. (yos)

Berita Terkait


Manfaatkan Lebaran, Warga Berjual Rangka Ketupat

Tradisi Balon Udara Lebaran Tetap Dilakukan Warga Blitar

Tradisi Lebaran, Ratusan Warga Lakukan Ziarah Makam

Takbir Keliling Dengan Naik Traktor dan Selep Padi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber