Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Tradisi Lebaran, Ratusan Warga Lakukan Ziarah Makam
Rabu, 05-06-2019 | 22:20 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Beragam tradisi dilakukan oleh masyarakat saat moment lebaran tiba. Selain mudik lebaran dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, berziarah makam keluarga juga merupakan tradisi masyarakat Indonesia.

Moment lebaran selayaknya diisi dengan silaturahmi bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Tradisi berkumpul dan saling bermaafan ini biasanya dilengkapi dengan ziarah kubur atau nyekar. Tak heran jika tempat pemakaman umum sudah dipadati ratusan peziarah.

Salah satu Tempat Pemakaman Umum Kasin,Kota Malang, yang sejak pagi seusai pelaksanaan sholat idul fitri sudah ramai dikunjungi peziarah. Para peziarah ini berdatangan dengan membawa buku yang berisikan surat yasin, untuk mendoakan dan menaburkan bunga di pusara mendiang orang terkasih.

Salah satu peziarah, Sri Handayani, mengaku, tradisi ziarah makam ini sudah dilakukan turun temurun,dan di laksanakan setiap kali menjelang dan sesudah hari raya idul fitri hingga.

Ziarah makam tidak hanya mendoakan arwah leluhurnya saja, namun sebagai pengingat bahwa kita semua nanti mengalami peristiwa kematian seperti leluhur yang telah mendahului kita. (yos)

Berita Terkait


Manfaatkan Lebaran, Warga Berjual Rangka Ketupat

Tradisi Balon Udara Lebaran Tetap Dilakukan Warga Blitar

Tradisi Lebaran, Ratusan Warga Lakukan Ziarah Makam

Takbir Keliling Dengan Naik Traktor dan Selep Padi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber