Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Frustasi Harga Cabe Anjlok, Petani Buka Wisata Petik Cabe Gratis
Selasa, 28-05-2019 | 18:52 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Petani cabai di Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo,Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, membuka wisata petik cabe rawit. Jika pada umumnya tempat wisata dipungut biaya tiket masuk dan sebagainya, namun di tempat wisata yang satu ini pengunjung bisa masuk bahkan memetik dan membawa cabe rawit dengan gratis.

Wisata petik cabai rawit gratis yang bertempat di Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata yang berdiri di lahan pribadi seluas 1500 meter persegi ini dikelola oleh Suhartini dan suaminya.

Di lahan tersebut, mampu ditanami sekitar tujuh ribu bibit cabe, dengan harga satu bibit 200 rupiah atau senilai 1,4 juta rupiah sekali tanam. Dari 7000 bibit, pihaknya bisa memanen cabai hingga 3 kali dalam 5 bulan terakir.

Pada panen pertama, Suhartini bisa menghasilkan 10 kilogram, dengan harga jual masih mencapai Rp 17 ribu per kilogram. Kemudian, pada panen kedua, hasil panen mampu mencapai 30 kilogram dengan harga Rp 14 ribu per kilogram. Namun, pada panen ketiga kali ini, Suhartini memilih tidak panen karena harga turun drastis hingga Rp 4 ribu per kilogram.

Oleh karena itu, Suhartini berinisiatif untuk membuka wisata petik cabai rawit dengan gratis, agar dirinya tak semakin dalam merasakan kerugian. "Tujuannya agar tanaman cabai yang ia tanam segera habis dan diganti dengan komoditas sayuran yang lebih menguntungkan," kata Suhartini.

Dengan permasalahan tersebut, petani yang tergabung dalam Kelompok Karya Tani Desa Pandanrejo ini hanya bisa berharap agar pemerintah mampu menstabilkan harga. Sehingga petani tidak merugi dan pekerja atau buruh tani juga tetap mendapat pekerjaan.(end)

Berita Terkait


Harga Makin Mahal, Penjagaan Tanaman Cabai Ekstra Ketat

Frustasi Harga Cabe Anjlok, Petani Buka Wisata Petik Cabe Gratis

Jelang Lebaran, Harga Cabe Besar dan Kubis Turun

Lindungi Petani, Mentan Antisipasi Harga Cabe Anjlok


Harga Cabe Akan Kembali Normal pada Akhir Bulan Juli Hingga Awal Agustus Nanti

Harga Cabe di Pasar Tradisional Pamekasan Naik 100 Persen

Musim Kemarau Panjang, Harga Cabe Melonjak Naik

Dampak Kekeringan Tanaman Cabe Mengering Kurangan Air

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber