Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kampung Ramadhan 

Kisah Roti Maryam di Jaman Penyebaran Agama Islam di Tanah Air
Jum'at, 24-05-2019 | 09:20 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Bila ngabuburit dengan mengunjungi lokasi wisata religi makam Sunan Ampel, anda harus mencicipi Roti Maryam, yang banyak dijual. Namun tak banyak yang tahu, kenapa roti ini diberi nama Roti Maryam. Roti asal Timur Tengah ini, diberi nama Roti Maryam karena mempunyai cerita unik tersendiri di jaman penyebaran Islam di tanah air.

Roti bundar dengan rasa gurih ini cukup disukai masyarakat. Apalagi jika anda berkunjung lokasi wisata religi makam Sunan Ampel, tak lengkap rasanya jika tidak mencari roti ini.  

Terbuat dari tepung, mentega dan telor, roti ini merupakan roti khas Timur Tengah, yang banyak dijual di sekitar Masjid Sunan Ampel. Jika di Timur Tengah disebut canai, maka di sini disebut Roti Maryam.

Pemberian nama ini memiliki kisah sendiri bagi warga Ampel. Cerita yang beredar dari mulut ke mulut, nama Roti Maryam ini diambil dari seorang wanita keturunan Arab yang hidup di jaman penyebaran Islam di tanah air kala itu. Sang wanita ini bernama Maryam, sering membuat roti dengan rasa yang lezat dan gurih.

Roti buatannya ini, tidak dimakan sendiri, melainkan diberikan dan disedekahkan pada warga pribumi di sekitar Masjid Ampel. Hingga akhirnya, warga menyebutnya roti ini dengan nama Roti Maryam.

Namun sayangnya, karena rentang waktu yang lama, membuat para pedagang tak tahu asal usul nama Roti Maryam. Mereka hanya bisa membuat dan menjual. Resep pembuatanya pun turun temurun . 

Di bulan Ramadan seperti ini, para pembeli berdatangan untuk membeli roti ini, untuk menu berbuka puasa. Harganya, pun relatif murah sekitar Rp 4 ribu per helai roti.

Saat bulan puasa seperti ini, menjadi berkah para pedagang. Dibanding hari biasa, penjualan roti hanya sekitar 20 kilogram. Namun saat ini dapat mencapai dua kali lipat lebih antara 40 kilogram hingga 50 kilogram.(end)

Berita Terkait


Kisah Roti Maryam di Jaman Penyebaran Agama Islam di Tanah Air


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber