Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan 

Ngabuburi, Seniman Bujang Ganong Kediri Gelar Atraksi dan Bagi Takjil Gratis
Jum'at, 24-05-2019 | 00:10 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Benny Kurniawan
Kediri pojokpitu.com, Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit, puluhan pelaku seni bujang ganong di Kota Kediri, menggelar atraksi tari dan bagi takjil gratis kepada pengguna jalan. Selain menjalin tali silaturahmi antar sesama seniman, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di bulan suci ramadan.

Atraksi seni tari bujang ganong ini berlangsung di depan Taman Makam Pahlawan Kota Kediri, pelaku seni sebanyak 58 orang yang berasal kalangan pelajar tingkat SMP dan SMA yang tergabung dalam satu grup jaranan putra bujang gabong kediri.

Diiringi alat musik gamelan, satu persatu seniman menampilkan tarian bujang ganong yang khas dengan sebuah topeng berwajah buruk, hidung besar, mata bulat melotot dan rambut panjang. Tarian mereka cukup menarik simpati masyarakat yang melintas, karena identik dengan gerakan yang jenaka, cerdik namun sakti.

Raga Putra, koordinator atraksi tari bujang ganong, mengatakan, tarian bujang ganong diinisiasi oleh cerita patih pujangga anom, tokoh seni reog ponorogo yang memiliki keahlian dalam seni bela diri.

Dari salah satu versi cerita, bujang ganong adalah adik seperguruan klenosewandono, pendiri kerajaan batara angin. "Bujang ganong dipercaya sebagai utusan prabo klenosewandono untuk melamar dewi songgolangit di Kediri," kata Raga Putra.

Atraksi ditutup dengan bagi takjil gratis kepada para pengguna jalan yang melintas, kegiatan tersebut adalah inisiatif para seniman bujang ganong kediri dengan maksud kumpul dulur atau silaturahmi sekaligus berbagi kepada sesama di bulan ramadan. Takjil berupa makanan dan minuman yang dibagikan secara gratis berasal dari iuran sukarela para anggota. (yos)

Berita Terkait


Ngalap Berkah, Pesilat Bagi 250 Paket Takjil

Bagi Takjil Dengan Kostum Jaranan

Jaga Kerukunan, Pemuda Lintas Agama Dan Seni Budaya Bagi Takjil Bareng

Wartawan Bagikan Takjil Disela-Sela Liputan


Sejumlah Remaja Bagi-Bagi Takjil Sambil Menari

Umat Konghucu Kota Blitar Bagikan Ratusan Paket Takjil

Ngabuburi, Seniman Bujang Ganong Kediri Gelar Atraksi dan Bagi Takjil Gratis

Imigrasi Pamekasan Bagi Takjil Sambil Sosialisasi Perubahan Tarif BNBP

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber