Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Melon Golden Langkawi banyak dipesan di pasar modern. Harga lebih mahal 5 kali lipat, hanya merubah bentuk melon bulat menjadi persegi atau bentuk hati.
Melon Persegi Banyak Diminati Konsumen
Rabu, 22-05-2019 | 07:20 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Siapa yang tak mengenal buah melon, apalagi di bulan ramadhan ini banyak terjaja di pasar-pasar, emperan jalan hingga pasar modern. Peminatnya mulai dari orang tua hingga anak-anak. Rasa yang manis dan penuh dengan kandungan air, menjadi panganan berbuka puasa yang pas.

Namun tau kah anda, di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Jawa Timur Sidoarjo, tengah kembangkan melon berbentuk persegi dan hati yang bernilai jual fantastis. Jika melon berbentuk bulat dihargai Rp 18 ribu perkilogramnya, sedangkan untuk persegi bisa mencapai Rp 45 ribu persatu biji melon.

Meski harga lebih mahal hingga 5 kali lipat, tak sedikit para penikmatnya untuk membeli. Sebab tekstur dagingnya yang lembuh dan renyah, hingga rasa manis alami saat diolahan menjadi panganan.

Menurut Hadi Sulistyo,Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, melon yang dikembangkan jenis golden langkawi. Dapat dipanen setiap 55 hingga 60 hari, dan banyak dipesan oleh pasar modern. Sistem penanaman telah sesuai dengan SOP, hingga memperoleh sertifikasi prima 3.

Untuk melon berbentuk persegi sendiri telah diuji coba sejak tahun 2010. Saat ini baru mendapatkan ukuran cetakan yang pas. Sedangkan untuk melon berbentuk hati masih dalam tahap percobaan, hingga nantinya didapatkan ukuran cetakan yang pas. "Saat ini melon telah dipasarkan ke berbagai pasar modern, baik di sekitar kawasan Surabaya dan Sidoarjo hingga Jakarta," kata Hadi Sulistyo.

Namun belum banyak petani di Indonesia melihat peluang mengembangkan melon golden langkawi. Apalagi dibuat berbagai bentuk, untuk menaikan harga jual dan meningkatkan perekonomian petani.

Para petani lebih banyak memilih benih lokal seharga Rp 200 perbijinya, ketimbang benih melon golden langkawi yang seharga Rp 2 ribu perbijinya. Padahal biaya perawatan kedua jenis melon ini sama saja. (pul)

Berita Terkait


Melon Persegi Banyak Diminati Konsumen

Panen Raya Melon, Warga Rebutan Gunungan Buah Melon

Gubernur Pimpin Panen Buah Melon Bersertifikat Prima

Petani Melon Untung Besar Sekali Musim Raup Untung Puluhan Juta


Menjelang Puasa, Harga Bawang Merah dan Putih Melonjak

Harga Daging dan Telur Melonjak Jelang Ramadhan

Menjelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak

Jelang Ramadhan Harga Komoditas Dapur Melonjak Naik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber