Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Usai sembahyang Paritta Suci, ratusan jamaat berjalan keliling klenteng dan tabur bunga di bangunan yang terbakar. Foto: Farid Fahlevi
Klenteng Terbakar, Sembahyang Waisak Tetap Digelar
Senin, 20-05-2019 | 11:42 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Meski klenteng habis terbakar, umat Budha tetap gelar sembahyang hari raya waisak di halaman Klenteng Tri Dharma Sumber Naga.

Sejak sore, mereka sudah melakukan persiapan sembahyang hari raya Waisak di Klenteng Tri Dharma Sumber Naga, Kota Probolinggo. Umat budha Probolinggo memang sedang berkabung, setelah tempat ibadat mereka terbakar hebat Sabtu dini hari lalu.

Meski bangunan utama ikut terbakar, para jamaat tetap melakukan ibadah dengan khusuk di halaman kelenteng. Sembahyang hari raya waisak atau biasa disebut Sembahyang Paritta Suci diawali dengan pembagian dupa, dan selanjutnya pembacaan paritta suci. Diakhiri dengan semedi beberapa saat, dengan tujuan menenangkan diri agar semua makhluk hidup berbahagia.

Tidak sampai disana, sebagai bentuk berkabung terbakarnya tempat ibadat, ratusan jamaat sambil membawa bunga berkeliling klenteng sebanyak 3 kali. Selanjutnya bunga itu satu-persatu diletakkan di sekitar klenteng yang terbakar. 

Yana Astri Mulya salah satu jamaat mengaku sangat sedih, sebab perayaan hari raya waisak dengan suasana berkabung tempat ibadahnya terbakar.

Sementara itu menurut Erfan Sujianto, pimpinan Puja Bakti mengatakan, awalnya sembahyang dalam rangka waisak ditiadakan. Namun karena banyak permintaan jamaat, akhirnya sembahyang pembacaan paritta suci digelar dengan cara sederhana.

Akibat kebakaran yang melanda kelenteng ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 3 milyar. Sampai sejauh ini sudah ada 50 klenteng di seluruh Indonesia bersedia menyumbang pembangunan kembali. (pul)

Berita Terkait


Polemik Kepengurusan Klentheng Kwan Sing Bio Mulai Temukan Titik Temu

Pasca Terbakar, Pengurus Klenteng Langsung Bertemu Walikota Probolinggo

Klenteng Terbakar, Sembahyang Waisak Tetap Digelar

Umat Budha Berharap Sembayang Waisak Tetap Digelar di Halaman Klenteng


Pasca Terbakar, Pengurus Klenteng Langsung Bertemu Walikota Probolinggo

Klenteng Terbakar, Sembahyang Waisak Tetap Digelar

Umat Budha Berharap Sembayang Waisak Tetap Digelar di Halaman Klenteng

Butuh 3 Jam Untuk Jinakan Api di Klenteng Tri Dharma Sumber Naga

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber