Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pembangunan pedestrian mulai di sisi timur dan di perkirakan akan selesai dalam 3 bulan mendatang. Foto Nanang Purwono
Revitalisasi Jalan Karet Berlanjut Menata Pedestrian
Minggu, 19-05-2019 | 16:32 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Setelah melakukan pengecatan di sejumlah bangunan tua di sepanjang jalan karet, kini revitalisasi salah satu kota lama di Surabaya berlanjut menata pedestrian.

Menurut Andi Prihandoko Kepala Bidang Sarana Dan Prasarana Bappeko Surabaya, revitalisasi kota lama di Surabaya masih terus berlanjut. Setelah melakukan pengecatan di sejumlah bangunan tua di kawasan kota lama tersebut, kini mulai menata pedestrian di jalan karet. "Pembangunan pedestrian ini dimulai dari sisi timur, sepanjang 650 meter dengan lebar pedestrian 1,2 meter," kata Andi Prihandoko.

Jalur pedestrian tersebut, juga akan dibangun di sisi barat jalan karet. Dengan pembangunan jalur pedestrian di kedua sisi, jalan karet yang sebelumnya selebar 10 meter, nantinya hanya akan memiliki lebar 7 meter. Maka untuk menanggulangi kepadatan arus lalu lintas di jalan karet yang seringkali dipergunakan untuk bongkar muat barang, maka ada aturan larangan bongkar muat barang di jalan tersebut.

Penataan pedestrian juga untuk melengkapi fasilitas kawasan kota lama, yang nantinya akan menjadi salah satu ikon wisata di Kota Surabaya. Pembangunan pedestrian di sisi timur jalan karet ini, selesai dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan.

Sementara itu, hingga saat ini, pengecatan bangunan di jalan karet, baru mencapai 50 persen, dari total 57 persil bangunan. Jalan panggung pun, nantinya juga akan ditambahkan jalur pedestrian di kedua sisi dengan lebar 1 meter pada masing-masing sisinya.

Keduanya juga akan ditambahkan lampu penerangan jalan dengan desain khas untuk kawasan kota lama. Rencananya, penerapan motif keramik antara jalan karet dengan jalan panggung akan di bedakan sesuai dengan konsep kawasan kota lama. (pul)




Berita Terkait


Revitalisasi Jalan Karet Berlanjut Menata Pedestrian

Inilah Alasan Kami Peduli JL Karet


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber