Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan 

Warna Warni Pesona Masjid Agung Tuban
Sabtu, 18-05-2019 | 23:05 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Bagi anda yang sedang melintasi jalur nasionnal pantura, maka tidak ada salahnya singgah di Masjid Agung Tuban, Jawa Timur. Tempat ibadah berusia 125 tahun itu memiliki ornamen dan corak unik berwarna-warni seperti bangunan dalam dongeng 1001 malam. Keberadaan masjid agung tuban menjadi bukti sejarah perkembangan penyebaran Islam di tanah jawa.

Masjid berukuran besar nan megah ini menjadi salahsatu kebanggaan masyarakat bumi wali. Sebab, ornamen dan coraknya unik berwarna-warni seperti bangunan dalam dongeng 1001 malam.

Keindahan Masjid Agung Tuban layak disandingkan dengan masjid-masjid besar di seluruh penjuru nusantara. Dari kejauhan, terlihat tiga kubah besar berwarna dominan biru dan kuning, yang menjadi ciri khas. Selain itu, terdapat enam menara menjulang tinggi, sehingga menambah indah pesona masjid.

Ahmad Mawardi, pengurus Masjid Agung Tuban, mengatakan, masjid yang dibangun pada tahun 1894 ini memiliki dua bagian, yaitu serambi dan ruang sholat utama.

"Arsitektur masjid berbeda jauh dengan ciri masjid jawa, yang atapnya bersusun tiga. Terlebih polesan cat berpadu apik dengan ornamen bernafaskan islam menambah kesan mewah dan indah," kata Ahmad Mawardi.

Meski telah berulang kali mengalami renovasi, masjid agung tuban tetap mempertahankan tiga bangunan peninggalan sejarah. Diantaranya berupa mihrob, menara, dan lampu hias, yang menjadi cikal bakal berdirinya masjid.

Keunikan ini membuat masjid agung tuban menjadi salahsatu tujuan wisata religi. Para pelancong yang kebetulan melintasi pantura, kerap meluangkan waktu singgah untuk menjalankan sholat sambil melepas lelah.

Selain itu, letaknya yang bersebelahan dengan komplek makam sunan bonang membuat masjid agung kerap disinggahi peziarah.

Bentuknya Masjid Agung dinilai tidak terpengaruh dengan bentuk masjid di jawa pada umumnya, yang mana biasanya atap masjid bersusun tiga.

Arsitektur masjid ini justru dipengaruhi oleh corak timur tengah, India dan Eropa. Namun, sekilas bangunannya tampak ada kemiripan dengan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. (yos)

Berita Terkait


Warna Warni Pesona Masjid Agung Tuban

Puluhan Emak Dikerahkan Bersihkan Masjid Agung Madiun

Bupati Inginkan Pembangunan Masjid Agung Segera Rampung


Aksi Pencurian di Masjid Agung Tuban Terekam CCTV

Jokowi Bakal Serahkan 8000 Sertifikat PTLS dan Resmikan Masjid Agung

Sangat Frustasi, Listyo Puji Wibowo Hendak Loncat Dari Menara Masjid Agung Ngawi

Ratusan Penghafal Alquran Diwisuda di Masjid Agung Gresik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber