Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pada perayaan waisak besok, kemungkinan kegiatan sembahyang ditiadakan. Hanya beberapa jamaah berharap sembahyang tetap digelar meskipun di halaman klenteng. Foto Farid Fahlevi
Umat Budha Berharap Sembayang Waisak Tetap Digelar di Halaman Klenteng
Sabtu, 18-05-2019 | 11:01 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Pada Sabtu pagi, kondisi Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo yang terbakar pada dini hari sudah sepenuhnya padam. Hanya asap tipis masih keluar dari kaki-kaki bangunan yang terbuat dari kayu.

Sejak pagi Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo ramai dikunjungin warga. Mereka penasaran bangunan tua ini ludes terbakar hanya beberapa jam saja.

Tidak ada aktifitas, baik yang dilakukan pengurus dan jamaah klenteng maupun yang dilakukan polisi. Garis polisi ditambah pagar besi masih menutup pintu gerbang klenteng yang dibuat tahun 1865 itu. Polisi sengaja memberi garis polisi, agar warga tidak sembarangan masuk. Hingga nantinya menyebabkan TKP rusak maupun benda berharga ratusan tahun hilang.

Nyaris tidak ada yang tersisa di gedung utama, semua bangunan dan isinya ludes, hanya Patung Dewa Kong Con Hu Cin Jin yang merupakan dewa tuan rumah terbakar 50 persen. Saat ini dewa asal Blambangan Banyuwangi yang terbuat dari kayu ini berada di tempat yang aman.

Tio Fiana salah satu jamaah budha berharap pada sembahyangan perayaan Waisak Minggu besok, digelar di halaman klenteng. Sementara menurut Erfan Sujiono, ketua 2 pengurus Klenteng Tri Dharma Sumber Naga mengatakan, dengan kondisi bangunan habis terbakar kemungkinan besar sembahyang perayaan hari raya Waisak ditiadakan. Pihak pengurus klenteng fokus pada pasca bangunan terbakar. "Kami belum bisa mentaksir jumlah kerugian akibat kebakaran ini," kata Erfan Sujiono. (pul) 

Berita Terkait


Polemik Kepengurusan Klentheng Kwan Sing Bio Mulai Temukan Titik Temu

Pasca Terbakar, Pengurus Klenteng Langsung Bertemu Walikota Probolinggo

Klenteng Terbakar, Sembahyang Waisak Tetap Digelar

Umat Budha Berharap Sembayang Waisak Tetap Digelar di Halaman Klenteng


Butuh 3 Jam Untuk Jinakan Api di Klenteng Tri Dharma Sumber Naga

Klenteng Bojonegoro Ajak Masyarakat Muslim Buka Bersama

Upacara Tolak Balak di Klenteng Tertua Surabaya

Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Cokro Surabaya

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber