Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan 

Permintaan Meningkat Kaligrafi Bambu Tembus Mancanegara
Jum'at, 17-05-2019 | 07:30 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Seorang seniman kaligrafi asal Jombang mendapatkan berkah lebih selama bulan suci ramadhan, hasil karya seni kaligrafi berbahan bambu mengalami peningkatan pemesanan. Tidak hanya dari dalam negeri, pesanan kaligrafi ini juga datang dari luar. Goresan potongan bambu ini mampu menampilkan keindahan tersendiri terhadap hasil seni kaligrafinya.

Potongan ayat suci  Al-Quran yang di tempel di papan ini di perhalus untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Ide cemerlang ini lahir dari pria bernama Mustamil.

Bambu yang sudah mengering dipotong  dengan kemiringan pemotongan 60 hingga 90 derajat, potongan bambu sengaja dibuat secara beraturan untuk menciptakan motif khusus. Potongan  berbentuk oval inilah yang  kemudian dirangkai dengan lem khusus menjadi tulisan kaligrafi yang unik.

Berbagai tulisan lafadz arab ditulis dan dibentuk di papan sesuai permintaan pemesan. Pria yang sudah menekuni kerajinan sejak 10 tahun terakhir ini membuat tulisan tersebut untuk bisa dipajang di rumah maupun tempat ibadah.

Mustamil mengaku awalnya memang sulit untuk membuat kreasi kaligrafi dari potongan bambu. Namun berkat keuletan tangannya, kini dia sudah terampil memotong dan menorehkan bambu jadi tulisan menarik. 

"Keunggulan karya ini  memiliki karakter kuat dan  kekhasan warna tersendiri. Selama ramadhan jumlah pesanan kaligrafi  meningkat hingga 40 persen," jelas Mustamil.

Karya pria yang bekerja dengan satu karyawannya ini sudah  merambah hingga luar negeri, seperti  sejumlah negara Eropa dan Asia. Soal harga, Mustamil menyesuaikan ukuran dan tingkat kesulitan dari tulisan. (yos)

Berita Terkait


Memberdayakan Warga Putus Sekolah Dengan Bisnis Kaligrafi

Oleh-Oleh Labaran Berkah Bagi Pengrajin Lukisan Kaligrafi Limbah Serbuk Kayu

Kaligrafi Arab Untuk Hiasan Dinding Mulai Diburu

Permintaan Meningkat Kaligrafi Bambu Tembus Mancanegara


Ramadhan Pengerajin Ukiran Kaligrafi Islami Kebanjiran Order

Serunya Belajar Seni Menulis Kaligrafi Modern

Pensiunan Polisi Geluti Usaha Kerajinan Kaligrafi Arab dan Melukis

Pemuda Desa Sulap Limbah Kayu Jadi Kerajinan Siluet dan Kaligrafi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber