Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

PMI Kabupaten Trenggalek Akui Stok Darah Untuk Bulan Puasa Masih Mencukupi
Jum'at, 17-05-2019 | 05:30 wib
Oleh : Simon, Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Memasuki hari ke 11 bulan puasa, stok darah pmi trenggalek masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat 2 minggu kedepan. PMI Trenggalek pun juga sudah menyiapkan program donor on the road untuk memudahkan para pendonor.

Menurut Kabag Pelayanan Darah PMI Trenggalek, Yesi Apriliana Sari, terkait stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Trenggalek, diawal bulan puasa ini masih mencukupi.

"Total dari masing-masing golongan darah berjumlah 350 kantong darah dan mencukupi untuk menyuplai kebutuhan rumah sakit di trenggalek selama sekitar 2 minggu kedepan," kata Yesi Apriliani Sari.

Dijelaskan Yesi, untuk mencukupi kebutuhan kantong darah, PMI Trenggalek telah menyiapkan program pada bulan puasa ini dengan mengadakan donor darah on the road di Alun-Alun Trenggalek.

"Selain itu juga dengan menggandeng komunitas-komunitas pendonor seperti karang taruna, padepokan setia hati terate, ataupun komunitas pecinta alam," ucap Yesi.

Sedangkan terkait tranfusi antar golongan darah, dikatakan Yesi, hari demi hari ilmu pengetahuan semakin berkembang, berdasarkan penilitian tranfusi harus satu golongan untuk meminimalisir terjadinya reaksi tranfusi.

Hal ini telah diterapkan sekitar 10 tahun lebih, untuk keadaan kritis semisal keterbatasan kantong darah pun tidak bisa semena-mena melakukan tranfusi darah berbeda golongan.

Dari pihak PMI akan mengusahakan adanya golongan darah yang sama dengan penerima donor dengan cara menghubungi pihak keluarga atau para pendonor yang sama dengan penerima. (yos)

Berita Terkait


Stok Darah Rhesus Negatif Langka

PMI Trenggalek Cukupi Kebutuhan Darah Sekitar 700 Kantong Tiap Bulan

Pendonor Minim, Stok Darah Golongan O dan A Menipis

Pasca Ramadhan dan Lebaran, PMI Krisis Stok Darah


PMI Kabupaten Trenggalek Akui Stok Darah Untuk Bulan Puasa Masih Mencukupi

Ramadhan, Stok Darah PMI Ponorogo Menipis

Bulan Puasa, Stok Darah di PMI Menipis

Stok Darah Untuk Bulan Puasa Cukup Aman

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber