Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pelayanan Puskesmas Buruk, Satu Nyawa Balita Meninggal
Kamis, 16-05-2019 | 18:04 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Pelayanan Puskesmas Sedati disoal. Penanganan terhadap pasien tak maksimal dan buruk, hingga diduga mengakibatkan satu balita meninggal dunia. Balita Iqbal yang mengalami demam tinggi dan sesak napas tak mendapatkan pelayanan maksimal.

Hanya bisa terdiam dan memandang surat keterangan kematian atas nama anaknya M. Iqbal Abdur Razak, balita berumur 5 bulan anak keenam. Bambang Hidayat, warga Perum Jaya Regency Tahap 5 Blok CE 2 ini tak bisa menyembunyikan kesedihannya.
 
Dirinya menyesalkan atas penanganan Puskesmas Sedati Sidoarjo saat menangani anaknya yang pada saat itu tengah demam tinggi dan sesak napas. Peristiwa pada Senin (6/5) pukul 5 pagi itu masih lekat diingatannya.
 
Iqbal, anaknya yang pada saat itu panas, diare, dan sesak napas kemudian dibawanya ke Puskesmas Sedati yang memiliki pelayanan UGD 24 jam. Ditangani oleh petugas medis yang kemudian menangani Iqbal di ruang bersalin atau VK. Iqbal kemudian dipasang slang oksigen ke dubur, untuk penurun panas.
 
Bambang Hidayat yang pada saat itu sempat meminta masker untuk bayi, namu dijawab petugas medis, tidak ada. Bahkan menurut pengakuannya, dokter baru ada pada saat siang. Bingung dan panik karena kondisi anaknya yang demikian dan diminta untuk membawa ke RSUD Sidoarjo segera.
 
Karena hanya membawa sepeda motor pada saat itu, bersama istrinya, Bambang Hidayat kemudian membawa anaknya segera ke RSUD Sidoarjo dengan memakai sepeda motor, tidak dengan menggunakan ambulans milik puskesmas.
                   
Di RSUD Sidoarjo, ditangani langsung petugas medis UGD RSUD Sidoarjo, nyawa Iqbal sudah tak tertolong dan dinyatakan telah meninggal pada pukul setengah tujuh pagi.
 
Walaupun telah ikhlas atas berpulangnya si anak, Bambang Hidayat masih menyesalkan pelayanan 24 jam puskesmas yang berada di Sedati Sidoarjo. Diharapkan pelayanan yang dialami dirinya ini tak dialami oleh pihak lainnya. (end)

Berita Terkait


Pelayanan Puskesmas Buruk, Satu Nyawa Balita Meninggal


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber