Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Korupsi Dana Kas Desa, Kades Sombron Nganjuk Mulai Diadili
Rabu, 15-05-2019 | 17:32 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Hartono, Kepala Desa Sombron, Kecamatan Loceret, Nganjuk yang diduga menyelewengkan anggaran pendapatan dan belanja desa mulai diadili di Pengadilan Tipikor Surabaya, Rabu siang. Dalam dakwaan, Hartono menyalahgunakan APBDes mulai tahun anggaran 2013 hingga 2017 dengan kerugian negara Rp 334 juta.

Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa Eko Baroto, dari Kejari Nganjuk, terdakwa Hartono, Kades Sombron ini diduga menyalahgunakan anggaran desa mulai tahun 2013 hingga 2017. Diantaranya menyewakan tanah kas desa atau bengkok, namun hasilnya tidak disetorkan ke kas desa. Akibat perbuatan terdakwa ini, negara dirugikan Rp 132 juta.

"Kesalahan lain yang dilakukan terdakwa, yakni menggunakan alokasi dana desa untuk proyek fisik, tanpa melibatkan pelaksana kegiatan. Proyek- proyek tersebut antara lain pembangunan saluran irigasi. Pelebaran jalan dan pembangunan jalan dan gapura," tutur Eko Baroto.

Dari pengerjaan proyek fisik ini, ada kerugian negara sekitar 202 juta rupiah. Sehingga dari dua kesalahan terdakwa tersebut, negara dirugikan Rp 334 juta.

Perbuatan Kades Hartono ini jelas melanggar pasal 2 ayat 1 juncto pasal 3 juncto pasal 8 juncto pasal 18 undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi. Atas dakwaan ini, terdakwa langsung mengajukan nota keberatan atau eksepsi yang akan dibacakan minggu depan, 22 Mei 2019. (end)

Berita Terkait


Korupsi Dana Kas Desa, Kades Sombron Nganjuk Mulai Diadili

Kepala Desa Sempol Maospati Magetan Jadi Tersangka Korupsi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber