Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan 

Berkah Ramadan, Pesanan Kain Tenun Ikat Bandar Meningkat
Selasa, 14-05-2019 | 22:17 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Benny Kurniawan
Kediri pojokpitu.com, Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi para perajin kain tenun ikat di Sentra Kain Tenun Ikat Bandar Kidul, Kota Kediri. Permintaan kain tenun ikat meningkat sebesar 20 persen dari bulan biasanya.

Kini perajin tengah mengebut pesanan yang datang dari berbagai daerah dengan jumlah ribuan potong, yang harus diselesaikan sebelum lebaran tiba.

Tentu, perajin kain tenun ikat bandar kidul kota kediri medali mas tengah menggenjot pengerjaan pesanan kain. Ada peningkatan pesanan sebesar 20 persen dibanding hari biasanya.

Pesanan datang dari berbagai daerah di Indonesia, jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai 1000 potong yang harus mereka selesaikan bersama 98 karyawan di minggu kedua puasa ini.

Bahkan karyawan juga harus menyelesaikan pesanan diluar penggunaan lebaran, seperti dari lembaga pendidikan serta mempersiapkan stok sebagai buah tangan yang biasa dicari para pemudik ketika berkunjung ke Kota Kediri.

Yusna Qurrotaayun, generasi penerus Siti Ruqoyah, perajin kain tenun ikat bandar kidul ternama mengaku, kini pesanan sudah ditutup. "Sementara pesanan yang masuk kembali akan dilayani setelah selesainya lebaran, atau konsumen dapat memilih kain dan hasil jadi yang saat ini hanya menyisakan beberapa stok saja di show roomnya," kata Yusna Qurrotaayun.

Tak ada kenaikan harga diramadan kali ini. Harga naik hanya Rp 5 ribu perpotong kain dengan ukuran 2,5 meter sejak adanya kenaikan pajak impor benang sebesar 20 persen, pada awal tahun ini yang dibebankan pada pengrajin tahun lalu.

Kain tenun ikat bandar kidul kota kediri ini ada sejak tahun 1950an. Sempat surut di tahun 1985 dan kembali berjaya hingga saat ini, kini di sentranya terdapat belasan perajin yang terus menciptakan motif dan kreasi baru. Tak hanya pakaian, kain tenun ini juga diaplikasikan pada sepatu dan tas.

Motif dan bahan yang halus membuat kain khas kota kediri ini banyak diminati konsumen. Di moment seperti saat ini para konsumen umumnya mengenakannya untuk di hari idul fitri atau untuk bingkisan parcel yang dibagikan untuk sanak saudara atau karyawan dan kolega bagi perusahaan. (yos)

Berita Terkait


Berkah Ramadan, Pesanan Kain Tenun Ikat Bandar Meningkat


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber