Berita Terbaru :
   

Selama Ramadhan Permintaan Darah Meningkat Drastis
Kesehatan  Selasa, 14-05-2019 | 11:16 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Berita Video : Selama Ramadhan Permintaan Darah Meningkat Drastis
Probolinggo pojokpitu.com, Stok darah berbagai golongan di Palang Merah Indonesia Kota Probolinggo hingga lebaran nanti dalam kondisi aman. Meskipun pada bulan ramadhan ini permintaan darah meningkat drastis.

PMI harus jemput bola untuk mengamankan stok darah berbagai golongan pada bulan ramadhan hingga lebaran nanti. Kali ini, pegalangan donor darah di gelar di halaman masjid Al Ikhlas, Perumahan Bumi Yuangga, Triwung Lor, Kota Probolinggo. Perumahan ini juga dikenal sebagai kampung "dora" Donor darah.

Di perumahan ini, PMI berhasil mendapatkan 60 kantong darah berbagai golongan dengan kapasitas perkantong sebanyak 300 CC. Pendonor tidak hanya kaum pria saja, sejumlah ibu-ibu juga sangat antusias.

PMI sengaja menggalang donor darah pada malam hari, sebab warga pada siang hari dalam kondisi puasa. Sehingga jika diambil darahnya rentan akan kondisi tubuh pendonor.

Pada minggu pertama bulan ramadhan ini stok darah dalam kondisi aman, namun permintaan justru terus meningkat hingga ke kabupaten tetangga.

Diperkirakan usai bulan ramadhan, permintaan darah akan terus meningkat. Kebanyakan permintaan darah untuk pasien yang melakukan operasi.

Sementara itu menurut Wakil Walikota Probolinggo, Mohamad Soufis Subri, stok darah yang langka adalah darah golongan B. Dari data PMI stok darah ada sekitar 300 kantong atau aman hingga usai lebaran. (pul)

Berita Terkait

Demi Kemanusian, Pasien Eks Covid 19 Donor Plasma di PMI

Masa Pandemi Covid-19, Antusiasme Pendonor Darah Masih Tinggi

PMI Jember Gandeng Komunitas Jurnalis Gelar Donor Massal

Begini Apresiasi Pemerintah Untuk Relawan Donor Darah
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Viral Hasil Tes Rapid Peserta UTBK Berubah
Pojok Pitu

Dokter dan Satpam Postif Covid 19, Puskesmas Wates Mojokerto Ditutup Sementara
Pojok Pitu

Delapan Terkena Corona, Membuat Ribuan Karyawan PT KTI Diliburkan
Jatim Awan

Ternyata Satu Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Positif Covid 19
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber