Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Biji Labu Kuning Ternyata Banyak Manfaatnya
Selasa, 14-05-2019 | 09:52 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Memiliki cita rasa manis dan tekstur yang lembut membuat labu kuning sering diolah menjadi aneka dessert lezat. Kaya akan nutrisi, buah labu kuning juga dipercaya bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan. Selain dagingnya, biji buah labu kuning ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Biji buah labu kuning mengandung seng, magnesium, tembaga, protein, lemak sehat, serat dan vitamin B yang bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol jenuh dalam darah.

Tidak hanya itu, masih banyak khasiat biji labu kuning yang mungkin belum pernah Anda ketahui. Lantas, manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari biji kuning? Berikut ulasannya seperti dilansir laman Care2.

1. Meningkatkan Kesehatan Seksual Pria

Berkat kandungan seng yang kaya, biji labu membantu mendukung kesehatan seksual pria. Hanya 3-1 / 2 ons biji labu kuning yang masih ada di cangkangnya mengandung 10 miligram mineral seng.

2. Meningkatkan Sistem Imun
Seng juga diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, vitamin E yang dikandungnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kulit Sehat

Meskipun ada makanan yang kandungan vitamin E-nya lebih tinggi daripada biji labu, namun biji labu kuning menyediakan vitamin E dalam berbagai bentuknya, termasuk, alfa-tokoferol, gamma-tokoferol, delta-tokoferol, alpha-tocomonoenol dan gamma-tocomonoenol.

4. Menjaga Mata Tetap Sehat

Vitamin E juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia, seperti katarak atau degenerasi makula.

5. Otot Sehat

Hanya satu ons biji labu mengandung 7 gram protein, membuat biji kecil ini berharga dalam menjaga kesehatan otot dan jaringan dalam tubuh.

6. Mengatur Gula Darah

Biji labu mengandung kombinasi protein, lemak, dan serat yang kuat, yang semuanya membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Hanya satu ons biji labu kuning mengandung 13 gram lemak sehat dan 1,7 gram serat. Meskipun tidak satu pun dari jumlah ini tampak terlalu mengesankan, perlu diingat bahwa ini adalah jumlah untuk jumlah biji labu yang sangat kecil.

7. Superfood

Berkat protein, lemak, dan seratnya yang unik, serta kemampuannya yang luar biasa untuk mengatur gula darah, maka biji labu bisa dinikmati jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

8. Meningkatkan Tidur

Berkat konten tryptophan yang meningkatkan tidur, mengemil biji labu akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia. Setelah di dalam tubuh, asam amino tryptophan berubah menjadi serotonin, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas tidur.

9. Membantu Saraf dan Stres Menjadi Rileks

Berkat kandungan magnesiumnya yang tinggi (37 persen dari asupan makanan yang direkomendasikan hanya dalam satu ons biji labu), biji lezat ini bisa membantu mengendurkan sistem saraf Anda dan mengurangi efek stres. Itu karena magnesium adalah mineral pelemas alami.

10. Menurunkan Resiko KankerMenurut penelitian dalam jurnal medis Food Research International, makan biji labu telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker, termasuk kanker perut, payudara, paru-paru, prostat, dan usus besar. (fny/jpnn/pul)

Berita Terkait


Biji Labu Kuning Ternyata Banyak Manfaatnya


Bromo Terus Menyemburkan Asap Kelabu Tebal

Lihat nih, Labu Raksasa Ini Dipakai Menyusuri Sungai Sejauh 11 Kilometer

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber