Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan 

Masjid ini sengaja didirikan untuk mengingatkan masyarakat pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Foto: Aminuddin Ilham
Masjid Beronamen Mojopahitan Menjadi Jujukan Musyafir
Senin, 13-05-2019 | 21:20 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Masjid berornamen khas majapahit terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan,Kabupaten Mojokerto, menjadi salah satu masjid yang sering untuk persinggahan para musyafir.

Masjid Darul Muttaqin dibangun sekitar tahun 2010 lalu. Berdiri megah di pinggiran jalan raya baypas Desa Jati Pasar Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Oleh sebagian warga masjid ini dinamakan masjid majapahit karena berornamen dan berukiran khas Kerajaan Majopahit.

Jika dilihat dari luar, masjid ini tak jauh beda dengan bangunan masjid-masjid pada umumnya. Namun, yang membedakannya masjid Darul Muttaqin adalah ornamen berukir yang mengelilingi kuba dan pilar serta ruang dan beberapa sudut bangunan masjid.

Seluruh ornamen-ornamen berukir ini, merupakan ukiran khas Kerajaan Majapahit. Seperti, ukiran surya majapahit dan bunga teratai nampak jelas mendominasi dan mengelilingi bangunan masjid.

Menurut Abdul Hamid Takmir Masjid Darul Mutaqin, bangunan masjid ini sengaja di bangun untuk mengingatkan masyarakat trowulan dan para musyafir tentang kejayaan kerajaan majapahit.

Saat memasuki bulan suci ramadhan, masjid berornamen majapahit sering  dikunjungi dan menjadi tempat singgah para musyafir. Mereka beribadah dan beristirahat sambil menunggu waktu untuk berbuka puasa.

Maka masjid berukiran khas mojopahit ini tak pernah sepi. "Bahkan, memasuki bulan suci ramadhan, banyak kegiatan islami dilakukan warga untuk meramaikan masjid," kata Abdul Hamid. (pul)

Berita Terkait


Masjid Tiban Masih Jadi Daya Tarik Warga dan Jadi Lokasi Berfoto Pengunjung

Masjid Sokambang Salah Satu Masjid Tertua Di Kabupaten Sumenep

Keindahan Masjid Bawah Tanah di Tuban

Masjid Beronamen Mojopahitan Menjadi Jujukan Musyafir


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber