Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Patola menjadi menu andalan warga Banyuwangi untuk berbuka puasa yang disajikan dengan santan, dan gula merah. Foto Handoko
Nyam-Nyammm..Jajanan Khas Banyuwangi Ini Bernama Patola
Minggu, 12-05-2019 | 01:16 wib
Oleh : Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Patola adalah jajanan khas di Banyuwangi, yang selalu ada saat bulan ramadan. Jajanan berbahan dasar tepung beras ini umumnya berwarna merah muda, hijau, dan putih. Berdiameter seukuran bola tenis, bentuk jajanan mirip dengan sebuah mie.

Itulah ciri khas dari warna jajanan Patola yang ada di Banyuwangi. Patola adalah jajanan khas di bulan ramadan. Nah, karena adanya hanya ramadan, pembuatannya hanya dilakukan saat bulan ramadan tiba. Di halaman rumah Istifalah di Jalan Ikan Bedul, Kelurahan Karangrejo ini tak ubahnya sebuah dapur. Saat ramadan tiba, rumahnya selalu disibukkan oleh orang-orang yang membuat patola.

Untuk membuat Patola, bahan dasar tepung beras terlebih dulu dicampur dengan air, dan sedikit pewarna makanan. Adonan harus diaduk secara merata agar warna, dan tekstur lembut dari patola bisa didapatkan secara merata. Setelah adonan jadi, barulah proses mencetak patola.

Proses ini terlihat sangat mudah, namun butuh keahlian khusus agar bentuknya lebih teratur. Menggunakan sebuah cetakan berbahan dasar besi, adonan harus ditekan-tekan hingga mengeluarkan adonan yang berbentuk seperti mie. "Setelah jadi, barulah patola setengah jadi ini dikukus hingga matang," kata Istifala.

Untuk disajikan saat berbuka puasa pembuatannya juga tidak susah. Siapkan santan, gula merah, gula pasir, dan sedikit garam. Iris gula merah tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam santan yang sudah dipanaskan, dan masukkan sedikit garam, serta gula pasir.

Setelah masak, barulan kuah dengan rasa manis ini disiramkan ke atas jajanan Patola. Sajian jajanan Patola dengan kuah santan, dan gula merah ini siap disajikan sebagai menu berbuka puasa. (pul)

Berita Terkait


Berkah Lebaran, Dumbek Jajanan Tradisional Khas Tuban Laris Manis

Nyam-Nyammm..Jajanan Khas Banyuwangi Ini Bernama Patola

Saat Jajanan Tradisional Disuguhkan, Langsung Diburu Pembeli

Produksi dan Penjualan Jajanan Khas Mulai Meningkat


Tim Satgas Pangan Blitar Temukan Ratusan Jajanan Tidak Berlabel

Nyam-Nyammm..Jajanan Khas Banyuwangi Ini Bernama Patola

Kue Pukis Arab Jajanan Favorit Untuk Berbuka Puasa

Empat Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya Kedung Jajang, Lumajang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber