Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Jawa Timur Dapat Tambahan Kuota Haji 436
Sabtu, 11-05-2019 | 17:24 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Malang pojokpitu.com, Pemerintah Indonesia telah mendapat kuota tambahan jamaah dari pemerintah Arab Saudi dan tambahan kuota haji untuk jawa timur sebanyak 436. Penambahan kuota ini, menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memberikan kuota tambahan sebanyak 10 ribu untuk Indonesia.

Dari 10 ribu kuota tambahan tersebut, 5 ribu kuota akan dialokasikan untuk jemaah haji lanjut usia dan pendampingnya. Sementara 5 ribu kuota sisanya dialokasikan untuk jemaah haji yang sudah masuk dalam daftar tunggu.

Kuota tambahan tersebut, jawa timur mendapat tambahan kuota yang lebih banyak ketimbang 2 provinsi lainnya di pulau jawa. Untuk Jawa Barat mendapat tambahan 346, Jawa Tengah mendapat tambahan 381, dan Jawa Timur mendapat tambahan 436.

Ketentuan mengenai distribusi tambahan kuota haji itu tertuang dalam keputusan menteri agama nomor 176 tahun 2019. Hanya saja, hingga saat ini, 436 kuota tambahan untuk jawa timur itu masih belum jelas akan didistribusikan ke kota atau kabupaten mana saja.

Namun hal ini terkait tambahan kuota haji Kemenag Kota Batu juga belum bisa memastikan apakah nantinya Kota Batu akan mendapat tambahan kuota atau tidak. Karena Kemenag Batu belum menerima surat pemberitahuan dari Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Menurut keterangan Nawawi M. Fil.I, Kepala Kemenag Kota Batu, pengumuman nama-nama calon jemaah haji yang masuk dalam daftar tambahan dan berhak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap ketiga, baru akan disampaikan setelah pembagian kuota tambahan ditetapkan.

Sementara tambahan kuota haji ini sesuai aturan pemerintah, dari 436 kuota tambahan untuk jawa timur itu, nantinya akan dibagi dua. 218 untuk calon jemaah haji yang sudah lansia dan pendampingnya, serta 218 untuk calon jemaah haji yang sudah masuk dalam daftar tunggu urutan porsinya. (yos)





Berita Terkait


Bupati Minta Kuota Haji Bertambah Menjadi 600 Jamaah

Jawa Timur Dapat Tambahan Kuota Haji 436

Ini Pembagian 10 Ribu Kuota Haji Tambahan untuk 34 Provinsi

Kuota Haji Tuban Tahun 2019 Menurun Menjadi 815 CJH


Banyak CJH Gagal Berangkat, Kuota Haji Mojokerto Belum Terpenuhi

Kuota Haji Kabupaten Ngawi Bertambah 100 Orang

Kuota Haji Kabupaten Jombang Bertambah 400 CJH

Kuota Haji Asal Kabupaten Bojonegoro Bertambah 326 Jamaah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber