Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Sang Penyebar Agama Islam di Malang
Sabtu, 11-05-2019 | 16:27 wib
Oleh : Ali Makhrus
Berita Video : Sang Penyebar Agama Islam di Malang
Malang pojokpitu.com, Ki Ageng Gribig, merupakan seorang tokoh penyebar Islam pada tahun 1600-an. Namun, nama Ki Ageng Gribig juga disebut salah satu sosok yang berperan mendirikan atau babat alas Kota Malang.

Kompleks pemakaman Ki Ageng Gribig, berada di Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Kelurahan Madyopuro, Kota Malang.

Di dalam kompleks pemakaman ini bersemayam jasad tokoh penyebar agama Islam di malang, Ki Ageng Gribig, yang merupakan utusan dari kerajaan mataram islam, pada pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo antara tahun 1613 sampai 1645.

Menurut juru kunci kompleks pemakaman Ki Ageng Gribig Generasi ke-5, Nur Rosul mengatakan bahwa, beberapa bukti yang menguatkan bahwa Ki Ageng Gribig merupakan seorang ulama terdapat di komplek pemakaman ini.

"Seperti beberapa sisa bangunan yang diyakini sebuah pesantren, bekas tempat wudhu di sumur tua, hingga surau yang digunakan Ki Ageng Gribig mengajar santrinya," kata Nur Rosul.

Terlebih lagi, ia menegaskan, hingga saat ini belum keaslian nama asli Ki Ageng Gribig, terutama versi dari keluarga juru kunci bernama Kyai Ageng Gribig atau Raden Aryo, dan jika ditarik silsilah ke atas sampai pada nama Raden Patah.

"Bisa dikatakan bahwa Kyai Ageng Gribig merupakan keturunan dari Raden Patah," ujar Nur Rosul.

Selain santri Ki Ageng Gribig yang dimakamkan di komplek pemakaman ini terdapat pula makam bupati malang pertama, kedua dan ketiga, yang memerintah pada akhir abad 19 hingga 20. 

Disamping itu, terdapat pula makam bupati surabaya, bupati bondowoso, hingga bupati probolinggo, yang diyakini memiliki hubungan darah dengan Ki Ageng Gribig. (yos)

Berita Terkait


Jayengrono, Penyebar Agama Islam di Ponorogo Timur

Sang Penyebar Agama Islam di Malang


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber