Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan 

Masjid Kuno Berbahan Kayu Memiliki Al-Quran Bertulis Tangan
Sabtu, 11-05-2019 | 08:15 wib
Oleh : M. Ramzi
Berita Video : Masjid Kuno Berbahan Kayu Memiliki Al-Quran Bertulis Tangan
Magetan pojokpitu.com, Keberadaan masjid menjadi salah satu bukti penyebaran ajaran agama Islam di tanah jawa. Tak terkecuali di Magetan, yang memiliki masjid kuno. Bahkan, masjid yang terbuat dari kayu itu juga menyimpan Al-Quran bertuliskan tangan.

Masjid ini berada di Dukuh Godekan Desa Tamanarum Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Lokasi masjid berjarak kurang 20 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Magetan.

Hingga saat ini, masih menjadi pusat aktivitas keagamaan desa setmpat. Terlebih saat bulan ramadhan, kegiatan keagamaan semakin padat.

Masjid yang didirikan pada tahun 1840 masehi ini,memiliki keunikan dibanding masjid pada umumnya. Karena hampir semua bahan terbuat dari kayu jati, termasuk atap masjid.

Kyai Hamid, imam masjid, menjelaskan, masjid kuno yang belakangan diberi nama Masjid Attaqwa Godekan, didirikan oleh Kyai Imam Nawawi. "Beliau salah satu prajurit pangeran diponegoro, yang melarikan diri ke bagian timur lereng gunung lawu," kata Kyai Hamid.

Tidak heran, kalau arsitekturnya masih berbau kerajaan. Seperti kuba masjid yang berbentuk atap mengerucut dan diatasnya terdapat mustaka.

Saat ini, masjid kuno menjadi aset Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto. Pernah dilakukan pemugaran, namun tidak merubah model asli masjid, termasuk bahan baku yang terbuat dari kayu.

Tidak hanya itu, di masjid ini juga terdapat kitab Al-Quran dan kitab-kitab keagamaan lainnya, yang masih bertuliskan tangan. Menurut Hamid, awalnya kitab bertuliskan tangan tersebut cukup banyak, namun karena kurang terawat sehingga banyak yang rusak. (yos)

Berita Terkait


Masjid Kuno Berbahan Kayu Memiliki Al-Quran Bertulis Tangan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber