Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Aneka olahan menu sehat berikut ini bisa menjadi inspirasi santapan berbuka puasa. Foto Ainul Khilmiah
Aneka Olahan Makanan Sehat Berbuka Puasa
Sabtu, 11-05-2019 | 05:21 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Seharian menahan lapar dan dahaga, seringkali membuat orang kalap saat berbuka puasa. Dari sederet tips sehat saat menjalankan puasa, salah satunya yakni memilih makanan sehat bergizi seimbang.

Menu tajil bersantan dan berminyak seperti kolak dan gorengan memang terlihat sangat menggiurkan. Namun, ternyata, memilih makanan untuk berbuka puasa tidak hanya sekedar menyegarkan dan mengenyangkan perut. Namun juga harus mempertimbangkan kandungan gizi di dalamnya.

Saat menjalankan ibadah puasa, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh semakin berkurang. Sehingga penting untuk memilih makanan sehat baik untuk sahur maupun berbuka puasa.  Tentunya, makanan bergizi seimbang dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Menurut Andriyanto ahli gizi, aneka olahan makanan sehat bergizi seimbang seperti summer salad dan bibimbab atau nasi campur khas korea bisa menjadi referensi menu sehat untuk berbuka puasa. Pembuatannyapun cukup mudah, untuk menu summer salad, bahan-bahan yang perlu disediakan diantaranya jagung, ayam, selada, kol ungu, tomat, timun, kacang merah, dan paprika. Seluruh bahan tersebut dicuci bersih kemudian disajikan dengan siraman italian vinegar sauce.

Sementara untuk menu bibimbap, sengaja menggunakan campuran aneka nasi, baik nasi putih, merah, coklat, hitam dan jagung untuk memperbanyak kandungan gizi yang di dapatkan. Kemudian ditambahkan ayam, sayuran dan jamur yang sebelumnya telah di masak sebentar. Ditambah dengan siraman saus gochujang membuat menu ini semakin menggugah selera.

Menurut Rizal Christian, salah satu pengusaha katering sehat, setiap makanan sehat harus memiliki kandungan gizi yang lengkap. Baik karbohidrat, protein, dan kandungan gizi lainnya. (pul)

Berita Terkait


Lomba Makan Mie Super Pedas Ala Fans K Pop

Aneka Olahan Makanan Sehat Berbuka Puasa

Kondisi Gadis Pemakan Tangan Mulai Stabil

RSJ Menur Bentuk Tim Dokter Khusus Untuk Tangani Gadis Pemakan Tangan


Memakan Bahu Jalan, Pedagang Musiman Ditertibkan Satpol PP Kabupaten Malang

Rayakan Lebaran Kupatan, Kolam Sumber Pakel Gelar Makan Kupat Gratis

Ini Dia Sensasi Beri Makan Buaya

Satlantas Polres Blitar Dirikan Pos PAM Bertemakan Avenger

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber