Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Arsitektur Masjid Cheng Hoo mengaplikasikan perpaduan tiga gaya, yakni arsitektur Jawa, Arab, dan Tionghoa. Perpaduan tiga arsitektur inilah yang menjadikan Masjid Cheng Hoo semakin menarik sebagai tujuan wisata religi. Foto Abdul Majid
Masjid Muhammad Cheng Hoo Pasuruan Memadukan Tiga Gaya Arsitektur
Kamis, 09-05-2019 | 20:07 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Masjid Muhammad Cheng Hoo yang berada di Pasuruan, salah satu masjid besar di Indonesia. Mengabadikan nama besar Laksamana Cheng Hoo sebagai nama tempat ibadah.

Masjid Muhammad Cheng hoo berada di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Tepatnya di pertigaan Jalan Raya Suarabaya-Malang. Memiliki arsitektur yang cukup unik, dengan perpaduan tiga arsitektur sekaligus, yakni Arsitektur Jawa, Arab, dan Tionghoa.

Masjid ini sengaja dibangun untuk mengenang Muhammad Cheng Hoo, seorang laksamana asal Negeri Cina, saat sempat singgah di pulau jawa.

Selain itu, Masjid Cheng Hoo Pasuruan bangunan masjid dua lantai, dengan bentuk atap bersusun seperti pagoda khas tiongkok. Melambangkan hidup manusia di dunia, bahwa hidup tidak hanya mengurusi masalah duniawi, tetapi juga mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Warna merah menyala yang identik dengan warna klenteng umat Tionghoa. Ornamen-ornamen kaligrafi sebagai ciri khas dari arab, serta atap joglo sebagai salah satu ciri khas dari Jawa.

Achmad Sukarman pengurus takmir Masjid Cheng Hoo Pasuruan menjelaskan, ide pendirian masjid ini berasal dari Bupati Pasuruan Almarhum Jusbakir Aldjufri. Dengan mendapatkan dukungan dari Pembina Iman Tauhid Islam atau PITI, sebuah organisasi yang mewadahi umat Muslim Tionghoa di Indonesia. "Masjid Cheng Hoo mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan oleh Bupati Pasuruan, Almarhum Jusbakir Aldjufri, pada tahun 2008," kata Achmad Sukarman.

Banyak pengunjung mengaku kagum dengan bangunan Masjid Cheng Hoo Pasuruan. Karena memiliki fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman saat menjalankan ibadah di dalam masjid.

Di bulan ramadhan tahun 2019 ini, Masjid Cheng Hoo Pasuruan, akan mengadakan sejumlah kegiatan yang dilakukan seperti di masjid-masjid yang lain. Diantaranya sholat tarawih, tadarus Al Quran, serta pembagian takjil bagi jamaah yang barada di area masjid. (pul)

Berita Terkait


Masjid Tiban Masih Jadi Daya Tarik Warga dan Jadi Lokasi Berfoto Pengunjung

Masjid Sewulan Saksi Penyebaran Islam di Madiun

Masjid Dengan Arsitektur Tionghoa, Mirip Klenteng Atau Tempat Ibadah Tri Dharma

Masjid Sokambang Salah Satu Masjid Tertua Di Kabupaten Sumenep


Masjid Sewulan Saksi Penyebaran Islam di Madiun

Masjid Dengan Arsitektur Tionghoa, Mirip Klenteng Atau Tempat Ibadah Tri Dharma

Begini Pesan Nuzulul Quran dari Masjid Sunan Ampel

Masjid Sokambang Salah Satu Masjid Tertua Di Kabupaten Sumenep

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber