Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Nekad Menerobos Pintu Perlintasan Kereta Api, Siap-Siap Didenda Rp 750 Ribu
Kamis, 09-05-2019 | 12:07 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api saat masa arus mudik dan balik lebaran tahun ini, PT. KAI Daop 7 Madiun, akan melakukan sosialisasi aturan terkait perlintasan kereta api. Aturan yang disosialisasikan adalah undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 114, bahwa pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal berbunyi dan palang pintu ditutup.

Selanjutnya pengemudi wajib mendahulukan kereta api yang akan lewat, dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

Wisnu Pramudyo, Vice President Daop 7 Madiun, mengatakan, mengatakan, jika terjadi pelanggaran, maka konsekuensinya adalah pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu sesuai dengan pasal 296.

"Sehingga untuk meminimalisir kecelakaan di palang pintu kereta api, diimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada saat melintasi perlintasan kereta api yang berpalang pintu atau tanpa palang pintu," kata Wisnu Pramudyo.

Di wilayah Daop 7 Madiun sendiri, saat ini terdapat 382 perlintasan antara lain 270 perlintasan resmi, 67 perlintasan liar dan 45 perlintasan tak sebidang, yakni 3 fly over dan 42 underpass.

Di musim arus mudik dan balik lebaran tentunya pihak PT. KAI akan menambah jumlah kereta api dan akan berpengaruh terhadap padatnya jam keberangkatan, sehingga diharapkan masyarakat lebih berhati-hati dan waspada.

Di Tulungagung sendiri saat ini terdapat 46 titik perlintasan tanpa penjaga, dari jumlah tersebut 24 diantaranya merupakan perlintasan liar. Sedangkan untuk perlintasan resmi yang tidak ada penjaganya, yakni 23 titik dengan rincian 19 titik, sudah dilengkapi dengan Early Warning System (EWS). Namun banyak juga yang tidak berfungsi, sehingga rawan terjadi kecelakaan. (yos)

Berita Terkait


Jumlah Penumpang Kereta Api di KAI Daop VIII Mulai Melonjak

Nekad Menerobos Pintu Perlintasan Kereta Api, Siap-Siap Didenda Rp 750 Ribu

PT. Inka Ekspor 15 Unit Dari 250 Kereta Gerbong Pesanan Banglades Railway

Tiga Hari Hari Dipasang, Karpet Anti Selip di Rel Kereta Api Lepas


Kereta Api Luxury Sleeper Laris Diburu Pemudik

Stasiun Bojonegoro Sediakan Mudik dan Balik Gratis Dengan Kereta Api

Animo Pemudik Mengunakan Kereta Api Masih Tinggi

Puncak Mudik Penumpang Kereta Api di Stasiun Kediri

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber