Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Memasuki Bulan Puasa, PMI Minim Pendonor
Kamis, 09-05-2019 | 07:16 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Beny Kurniwan
Kediri pojokpitu.com, Memasuki bulan suci Ramadan, PMI Kota Kediri sepi pendonor. Kini ketersediaan kantong darah yang ada, sementara hanya cukup untuk melayani kebutuhan darah di Kota Kediri.

Memasuki bulan suci Ramadan, PMI Kota Kediri sepi pendonor. Jika di hari biasa ada 35 hingga 40 pendonor sukarela datang, namun di puasa pertama dan kedua kemarin, hanya ada 7 dan 9 pendonor .

Saat ini di PMI Kota Kediri hanya masih menyisakan kantong darah untuk golongan darah A sebanyak 154 kantong, golongan B sebanyak 142 kantong, golongan O sebanyak 132 kantong dan golongan AB sebanyak 7 kantong. Jumlah ini tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kantong darah yang biasanya hingga 1500 kantong darah per bulan.

Untuk itu saat ini, PMI Kota Kediri tidak melayani kebutuhan darah dari luar daerah, seperti Jombang, Tulungagung, Blitar dan Kabupaten Kediri yang biasanya masih meminta darah di PMI Kota Kediri.

Menurut dr. Ira Widyastuti, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Kediri, fenomena ini lazim terjadi, karena kekhawatiran masyarakat saat puasa akan kondisi tubuhnya setelah donor. "Padahal kondisi tersebut tidaklah berpengaruh . Saya harap masyarakat tetap mendonorkan darahnya sebagai bentuk kepeduliannya terhadap sesama," ungkapnya.

Sementara untuk menarik minat masyarakat di bulan Ramadan kali ini, pihaknya menambahkan souvenir untuk para pendonor serta undian berhadiah. Nantinya pihak PMI juga akan melakukan jemput bola, dengan berkeliling ke tempat tempat keramaian di Kota Kediri.(end)

Berita Terkait


Memasuki Bulan Puasa, PMI Minim Pendonor


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber