Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pungli PTSL, BPN Nganjuk Dituntut Bertanggungjawab
Senin, 06-05-2019 | 13:00 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Sejumlah Lembaga Sosial Masyarakat di Nganjuk, meminta BPN harus bertanggung jawab atas pungli tarikan program PTSL yang melambung hingga jutaan rupiah. Sebab BPN dinilai gagal dalam melakukan sosialisasi, dan tim ajudikasi satuan tugas PTSL dari BPN tidak bekerja maksimal.

Menurut Gundik Sintara, Ketua Lembaga Pengkajian Pengembangan Penelitian Hukum Dan Pemerintahan, BPN Nganjuk harus bertangungjawab atas maraknya Pungli proses pembuatan sertifikat PTSL yang mencapai Rp 1 juta lebih. Sebab BPN dalam proses program negara PTSL tersebut, BPN membentuk tim ajudkasi dan satuan tugas. Tim ini bertanggung jawab memberikan sosialisasi tentang biaya PTSL, serta melakukan pengawasan yang melekat pada panitia PTSL.

"Tim BPN kami nilai gagal dan tidak bekerja secara maksimal, hingga muncul Pungli, bahkan ditengarai aliran dana Pungli yang masuk ke oknum. Atas kejadian ini, jika ada kelebihan pembayaran PTSL, harus dikembalikan kepada pemohon," kata Gundik Sintara.

Sementara itu Edison Kepala BPN Nganjuk mengaku hingga saat ini belum mendapatkan laporan terkait Pungli tersebut. Pihaknya menegaskan tidak boleh memungut biaya PTSL diluar ketentuan. "Kami akan menindak tegas jika ada oknum BPN yang terlibat dan menikmati uang pungli tersebut," kata Edison.

Sebelumnya, program PTSL dengan ketentuan SKB 3 menteri hanya membolehkan menarik uang proses pembuatan sertfikat sebesar Rp 150 ribu. Namun di Nganjuk ribuan pemohon sertifikat ditarik biaya sebesar Rp 700 ribu hingga jutaan rupiah. (pul)

Berita Terkait


Kepsek Mengaku Tak Menahan Raport Siswa

Ratusan Sopir Self Loader Protes Pungli Pengawalan

Pelimpahan Tahap 2, Kades Kranggan Dijebloskan ke Bui

Diduga Pungli Prona, Warga Sumber Malang Dumas ke Kejaksaan


Terlibat Pungli, Ali Hendro PNS ESDM Dituntut 2 Tahun Penjara

Tim Saber Pungli Kabupaten Madiun Sidak Pelayanan Uji Kir dan Dispencukcapil

Tim Saber Pungli Amankan Satu ASN dan Dua Karyawan Honorer

Inovasi Si Canti-Q dan Info Kawan Cegah Pungli di BBKP Surabaya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber