Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Marhaban Ya Ramadhan

Menjelang Ramadhan Wisata Religi Ala Timur Tengah Ramai Pengunjung
Minggu, 05-05-2019 | 09:10 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Menjelang ramadhan, salah satu wisata religi ala timur tengah yakni kebun kurma di Pasuruan, menjadi jujukan wisatawan daerah khususnya pelajar.

Selain belasan jenis kurma, disini wisatawan juga bisa belajar manasik haji. Di kebun ini pengunjung bisa melihat tanaman khas timur tengah lainnya, serta beragam wahana permainan.

Sejak dibuka pada awal tahun 2017 lalu, kebun kurma di Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, langsung berkembang menjadi objek wisata andalan, terutama saat bulan ramadan.

Kebun kurma yang berada diatas lahan seluas sekitar dua hektar ini, menjadi desinasi wisata bernama religi ala timur tengah, dengan tiket masuk hanya Rp 10 ribu pada hari biasa, dan Rp 15 ribu saat libur akhir pekan, wisatawan bisa melihat ragam pohon kurma di dalamnya.

Sayangnya, bulan ramadan tahun ini belum memasuki masa berbuah. Sebagian kurma di kebun ini, meski berbuah namun masih muda dan tidak bisa dinikmati, sebagian pohon, malah baru berbunga.

Meski demikian, tak mengurangi antusiasme para pengunjung. mereka melihat langsung pohon kurma yang konon hanya bisa tumbuh dan berbuah di lahan tandus, layaknya tanah timur tengah.

Selain pohon kurma, di kebun yang berada di pinggir jalan raya Surabaya-Malang ini, juga terdapat sejumlah tanaman khas timur tengah lainnya, seperti pohon delima merah,tin, zaitun dan matoa.

Nuansa timur tengah kian kenal karena di kebun ini juga dilengkapi wahana religi, seperti miniatur kakbah dan unta. bahkan tak jarang, pengunjung datang berkelompok untuk menggelar manasik haji.

Pengelola kebun kurma, Rusti Widyawati, menjelaskan, kebun ini memiliki 17 jenis kurma khas timur tengah, seperti varietas ajwah, emirat, kholas dan sayer.

"Rata-rata, umur pohon kurma antara 3 hingga 4 tahun, buah kurma yang dipanen, biasanya dibeli pengunjung sebagai oleh-oleh," kata Rusti.

Rata-rata, jumlah pengunjung saat ini sekitar 500 orang per hari. Namun selama bulan ramadan, pengelola hanya membuka wisata kebun kurma pada libur akhir pekan, yakni sabtu dan minggu. (yos)

Berita Terkait


Menjelang Ramadhan Wisata Religi Ala Timur Tengah Ramai Pengunjung

Wisata Religi Masjid Tiban Babussalam, Peninggalan Syeh Maulana Ishaq

Jelang Ramadhan, Wisata Religi Makam Sunan Bonang Ramai Peziarah

Libur Akhir Tahun, Pengunjung Wisata Religi Sunan Bonang Membludak


Wisata Religi Masjid Tiban Babussalam, Peninggalan Syeh Maulana Ishaq

Atap Makam Wisata Religi Troloyo Ambruk, 5 Peziarah Terluka

Jelang Ramadhan, Wisata Religi Makam Sunan Bonang Ramai Peziarah

Wisata Religi, Kunjungi Monumen Santo John Paulo II di Kota Dili

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber