Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Makam Gus Dur Penuh Pengunjung Jelang Ramadhan
Sabtu, 04-05-2019 | 22:06 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Menjelang datangnya bulan ramadhan, ribuan peziarah dari berbagai daerah memadati makam Gus Dur di Tebuireng, Jombang. Naiknya jumlah peziarah dikarenakan dalam bulan ramadhan sebagian besar umat islam memilih untuk tidak bepergian jauh.

Secara bergantian rombongan peziarah melewati pintu masuk dan keluar area makam Gus Dur yang ada di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia ini tidak mempedulikan padatnya peziarah.

Lokasi yang digunakan berdzikir dan berdoa terus terisi secara bergantian. Padatnya kunjugan membuat peziarah harus bersabar menunggu lokasi  kosong untuk berganti membaca dzikir.

Selain berziarah di Makam Gus Dur, peziarah juga berziarah pada makam pendiri Nahdlatul Ulama Kh Hasyim AsyAri, kakek Gus Dur dan ayahanda KH Wahid Hasyim. Ketiga tokoh besar ini dimakamkan  di pemakaman Tebuireng.

Zainal Hafidh salah satu peziarah mengatakan tradisi mendatangi makam wali sudah dilakukan tiap tahun. Termasuk makam Gus Dur dan pendiri ormas NU. "Bagi kami, Gus Dur salah satu sosok yang bisa diteladani baik sebagai pemimpin  maupun sebagai masyarakat biasa," kata Zainal.

Kenaikan jumlah peziarah terjadi sejak Bulan Rajab. Dari sekitar 10 ribu peziarah pada hari minggu dan hari libur terus meningkat pada Bulan Syaban. Mendekati bulan puasa, jumlanya menapai sekitar 15 ribu peziarah perhari. (pul)




Berita Terkait


Makam Gus Dur Penuh Pengunjung Jelang Ramadhan

Panglima TNI Ziarah ke Makam Gus Dur

Ramadhan Puluhan Ribu Peziarah Memadati Makam Gus Dur


PKL Makam Gus Dur Ngruduk Kantor Dewan

Keluarga dan Tokoh Lintas Agama Ziarah Makam Gus Dur

Lahan Parkir Kawasan Makam Gus Dur Akan Dibuka

Ramadhan Puluhan Ribu Peziarah Memadati Makam Gus Dur

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber