Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Jumlah uang dalam celengan terbanyak akan mendapatkan hadiah dan bupati. Kegiatan ini sengaja dilakukan pihak desa untuk mengajak anak anak gemar menabung sejak dini. Foto Heru
Setelah Menabung 1 Tahun, Ratusan Anak Desa Bongkar Celengan Massal
Kamis, 02-05-2019 | 08:13 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Ratusan anak di Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Ponorogo, ikut festival pecah celengan bersama. Setelah sebelumnya anak anak ini mendapat celengan dari pemerintah desa.

Sedikitnya 550 anak anak mulai usia TK sekolah dasar hingga SMP di Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Ponorogo, terus berdatangan ke rumah baca. Mereka membawa serta celengan yang memang sudah dipinjami pihak desa sejak satu tahun lalu.

Ya.., 550 anak anak di desa ini sejak satu tahun lalu dipinjami celengan untuk dibawa pulang ke rumah. Celengan ini diisi dari hasil menyisikan uang saku sekolah. Setelah satu tahun lamanya, hari ini seluruh anak yang mendapat pinjaman celengan diharuskan membawa celengan tersebut untuk dibuka di rumah baca. 

Menurut Barno kepala desa, pantia mewajibkan celengan ini hanya boleh diisi oleh anak anak tanpa bantuan orang tua. Caranya sederhana, yakni sebagian uang jajan dimasukan ke dalam celengan. Mulai dari Rp 500, dan Rp 2 ribu saja.

"Sengaja mengadakan kegiatan ini untuk memberikan pembelajaran menabung sejak dini. Termasuk bisa membeli baju lebaran dari uang tabungan, bukan dari meminta orang tua," kata Barno.

Meski hanya setahun, namun hasil tabungan anak anak desa ini jumlahnya lumayan. Ada yang terkumpul Rp 300 ribu, Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta.

Sementara hingga Rabu (1/5) siang, pihak desa masih sibuk melakukan penghitungan uang tabungan anak anak. Meski jumlah uang receh mencapai jutaan rupiah, namun pihak desa menjamin seluruh uang receh bisa ditukar dengan uang pecahan besar, karena banyak pedagang yang membutuhkan uang recehan. (pul)

Berita Terkait


Setelah Menabung 1 Tahun, Ratusan Anak Desa Bongkar Celengan Massal

Melatih Anak Gemar Menabung, Ada Caranya Loh . .


Menabung Selama Belasan Tahun, Nenek Penjual Kacang Akhirnya Berangkat Haji

13 Tahun Menabung, Nenek Penjual Nasi Keliling Naik Haji

Setelah Menabung 1 Tahun, Ratusan Anak Desa Bongkar Celengan Massal

Bayar Uang Sekolah dan Menabung Dengan Anyaman Bambu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber