Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Di PHK Sepihak, Mantan Buruh Terpaksa Jajakan Makanan Minuman Saat Gelaran Mayday
Rabu, 01-05-2019 | 18:35 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com, Peringatan hari buruh internasional atau mayday 2019 yang jatuh pada hari ini, rupanya menjadi berkah tersendiri bagi Rohman Zainul Abdi, seorang buruh perusahaan furniture yang terkena PHK sepihak akhir tahun 2018 lalu.

Ayah satu anak ini membawa makanan dan minuman untuk dijual kepada para buruh yang sedang menyampaikan aspirasi di depan kantor Gubernur Jawa Timur,Jalan Pahlawan Surabaya.

Rohman Zainul Abdi (41) seorang buruh perusahaan furniture yang terkena PHK sepihak akhir tahun 2018 lalu, kedatangannya pada perayaan may day 2019 kali ini tak hanya menyuarakan aspirasinya.

Namun Rohman juga menjajakan kurma, snack dan aneka minuman ke para buruh yang sedang menyampaikan aspirasi menyuarakan penolakan, terhadap peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Rohman bercerita, pada akhir bulan lalu dirinya di PHK secara sepihak oleh PT. Diraja Surya Furniture Pasuruan, padahal dirinya sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 18 tahun. Mirisnya, Rohman di PHK dan tanpa diberi pesangon sepeser pun.

Karena tidak ada pesangon dari perusahaan, Rohman akhirnya banting stir, dengan modal seadanya berjualan makanan dan minuman, di depan kantor gubernur jatim untuk dijajakan.

Beruntung, meski sudah di PHK, teman-temannya satu organisasi buruh bernama Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) tak melupakannya begitu saja, bahkan ada sebagian temannya yang membantu menjajakan dagangannya.

Seluruh keuntungan dari penjualan itu nantinya akan dimiliki sepenuhnya oleh Rohman. Untuk harganya tentu relatif murah, tak berbeda jauh harganya dengan yang di pasaran. (yos)

Berita Terkait


SPBI Gelar Demo Menolak Revisi UU 13 Tahun 2003

Upah Tak Dibayar, Puluhan Buruh Pabrik Asbes Demo

Tuntut Selesaikan Persoalan dengan Perusahaan, Ratusan Buruh Demo Pemkab

Buruh PDP Khayangan Berharap Penyertaan Modal Masuk Dalam P-APBD 2019


Demo Buruh di Kantor Gubernur Ricuh

Antisipasi Demo Buruh dan Sopir Lyn, 1300 Personil Polisi Siaga

Demo Buruh Tuntut Gubernur Tolak PP Pengupahan

Warga Kecewa Penutupan Jalan Demi Demo Buruh

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber