Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tidak Mampu Merenovasi, Rumah Warga Miskin Ambruk
Selasa, 30-04-2019 | 01:30 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Rumah warga di Kota Ngawi ambruk, karena dimakan usia. Pemiliknya tidak mampu memperbaiki karena faktor kemiskinan. Pemilik rumah, sudah setahun tinggal di rumah kerabatnya.

Warga Gang Podang Desa Beran Kota Ngawi, dikejutkan dengan ambruknya rumah milik Yulianto alias Dayul, penduduk desa setempat.

Warga sekitar hanya bisa sedih melihat kondisi rumah tersebut, rumah sangat sederhana itu kini telah rata dengan tanah. Penyebab ambruknya rumah karena faktor usia, rangka rumah yang terbuat dari kayu, banyak sudah lapuk karena dijadikan sarang rayap dan serangga.

Sugiarti, kerabat Yulianto, menjelaskan, rumah tersebut diwarisi oleh Yulianto dalam kondisi sudah rapuh dari  almarhum Laminem dan Samin, kedua orang tuanya. Namun karena kurang mampu, duda satu anak tersebut belum mampu segera merenovasi.

Sambil menabung, selama satu tahun terakhir, anak bungsu dari lima bersaudara tersebut, tinggal dirumah Lamini, bibinya yang tinggal di Kota Surabaya. Saat rumah ambruk, Yulianto sedang mengikuti acara keluarga tak jauh dari lokasi.

Joko Tingkir, Petugas BPBD Kabupaten Ngawi, mengatakan, petugas dari BPBD Kabupaten Ngawi, yang datang ke lokasi langsung meninjau lokasi.

"Dari pengamatan petugas, penyebab mabruknya rumah karena konstruksinya menua dan juga cuaca ekstrim, yang terjadi dalam beberapa hari terakhir," jelas Joko Tingkir.

Dari estimasi petugas BPBD setempat, kerugian materi dari ambruknya rumah yulianto, diperkirakan mencapai sekitar 20 juta rupiah hingga 30 juta rupiah.

Warga dan kerabat Yulianto berharap pemrintah setempat, bersedia meberikan bantuan untuk memperbaiki rumah tersebut, sehingga bisa ditinggali kembali. (yos)

Berita Terkait


Tidak Mampu Merenovasi, Rumah Warga Miskin Ambruk

Walikota Batu Tinjau Lokasi Rumah Ambruk

Takut Rumahnya Ambruk, Kekek Miskin Tidur di Kolong Ranjang

Sangat Lapuk, Rumah Milik Suhriya Roboh Hingga Rata Dengan Tanah


Empat Rumah Ambruk, Puluhan Lainnya Rusak Diterjang Puting Beliung

Bruuak! Rumah Ambruk, Sri Wiyani Tertimpa Atap

Hujan Akibatkan Rumah Ambruk di Malang

Angin Kencang Membuat Rumah Ambruk dan 1 Orang Terluka

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber