Berita Terbaru :
Pemegang Senpi di Polres Malang Diperiksa
   

Penyebar Video Hoax KPU Dibekuk Polisi Jombang
Mataraman  Senin, 29-04-2019 | 10:01 wib
Reporter : Saiful Mualimin
Pelaku Ruhman mengakui perbuatannya hanya bermotif untuk menaikan subscriber akun miliknya. Foto Saiful
Berita Video : Penyebar Video Hoax KPU Dibekuk Polisi Jombang
Jombang pojokpitu.com, Serangan terhadap Komisi Pemilihan Umum melalui video hoax akhirnya terkuak. Sang pengunggah video emak-emak protes terkait kecurangan pemilu kepada KPU Jombang dibekuk polisi.

Penggugah video hoax Rukman (30) warga Curahrejo Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut, Jawa Barat diamankan  di rumah mertuanya di Dusun Neglasari Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk, Garut. Selain pelaku petugas juga menyita satu buah handphone sebagai barang bukti.

Pelaku ditangkap  Tim Resmob Polres Jombang bersama Polsek Cibiuk, Garut.  Tersangka Ruhman mengakui  mengunggah video  untuk  menaikkan jumlah  subscriber akunnya di youtube.  

Rukman berkilah penulisan caption dalam video yang menyebutkan emak-emak protes kecurangan pemilu ke KPU Jombang adalah dirinya.  "Sebelum saya unggah ke youtube, video diambil dari instagram seseorang, dan sudah terdapat caption seperti itu," kata Rukman.

Sementara itu AKP Azi Pratas Guspitu Kasatreskrim Polres Jombang mengatakan pengungkapan kasus ini dilakukan Polres Jombang setelah terjadi keresahan di masyarakat atas munculnya  video yang diunggah pada tanggal 19 April 2019. Berisi  protes kecurangan pemilu di kantor KPU Jombang.  "Kami langsung melacak terhadap pemilik akun tvexplore news dan berhasil mengantongi identitas pelaku," kata AKP Azi Pratas Guspitu.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat  dengan pasal 40 undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE. Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun penjara. Polisi kini masih memburu pemilik akun yang mengunggah video pertama di instagram, yang kemudian dicopy dan diunggah tersangka Rohman. (pul)

Berita Terkait

Viralnya RS dr Soetomo Tidak Menerima Pasien Covid Lagi Dipastikan Hoax

Sebar Hoax Data Covid 19 Terancam Hukum Penjara

Masa Pandemi Covid 19, Banyak Temuan Berita Hoax Beredar

Polisi Kejar Pelaku Penyebar Berita Hoax Terkait Pasar Ikan Yang Akan Tutup
Berita Terpopuler
Pemegang Senpi di Polres Malang Diperiksa
Malang Raya  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber