Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Mengenal Materi Studi Pertukaran Pelajar Dengan Memahami Budaya Asing
Sabtu, 27-04-2019 | 23:06 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Ratusan siswa sebuah SMA di Kecamatan Taman Sidoarjo mengikuti pelatihan Ikebana atau seni merangkai bunga.

Para siswa terlihat senang, saat mengenakan busana khas Jepang, Yukikata. Lebih simpel dari kimono, mereka masih tetap harus dibantu sejumlah guru untuk mengenakan Yukikata. Terutama saat mengencangkan ikatan di perut.

Dibandingkan kimono, yukikata memang lebih ringan dan pendek. Sehingga yukikata lebih cocok, untuk dikenakan anak remaja.

Sementara pada saat praktik ikebana atau seni merangkai bunga, siswa mendapatkan pelatihan langsung ahlinya dari Jepang, Mikiko Shimizu. Selain ahli ikebana, guru asal Nagoya Jepang ini juga paiwai dalam upacara minum teh atau chanoyu.

Pada latihan ikebana ini siswa mendapatkan ilmu baru. Karena bukan bunga saja yang dapat dirangkai indah. Daun kering, ranting dan dahan pun, ternyata juga bisa dirangkai menjadi hiasan cantik ruangan atau meja.

Sebenarnya tidak berbeda jauh antara ikebana, dengan merangkai bunga di Indonesia. Namun ikebana ini lebih variatif dan detail, dibandingkan merangkai bunga pada umumnya di Indonesia.

Selain ikebana dan yukikata, budaya Jepang lain yang dikenalkan adalah yosakoi. Yosakoi adalah tari jepang dengan ciri khas gerakan tangan dan kaki yang dinamis, dan biasanya ditarikan banyak orang atau massal. (pul)

Berita Terkait


Mengenal Materi Studi Pertukaran Pelajar Dengan Memahami Budaya Asing


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber