Berita Terbaru :
Pasangan OK Segera Deklarasi Parpol Pengusung
Unik, UWK Malang Gelar Wisuda Secara Drive Thrue
Meski Harga Gabah Naik, Petani Tak Jual Semua Hasil Panennya
Mendagri Bilang Ada Kepala Daerah Yang Tidak Serius Tangani Covid-19
   

Tujuh Anggota DPRD Surabaya Disebut Terlibat Korupsi Jasmas
Metropolis  Jum'at, 26-04-2019 | 17:55 wib
Reporter : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Sidang perkara korupsi dana hibah Pemkot Surabaya tahun 2016 untuk proyek jasmas, kembali digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya. Sidang yang menghadirkan dua saksi karyawan terdakwa Agus Setiawan Tjong ini, mengungkap fakta baru, yakni keterlibatan 7 anggota DPRD Surabaya.

Dua saksi yang dihadirkan jaksa dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak adalah Santi dan Dea Winnie. Keduanya karyawan dari terdakwa Agus Setiawan Tjong. Dalam kesaksiannya di ruang cakra Pengadilan Tipikor Surabaya ini, kedua saksi mengungkap fakta baru, keterlibatan 7 anggota DPRD Surabaya.

Fakta baru ini diungkapkan saksi Dea Winnie, yang bertugas merekap proposal permohonan Jasmas. Di hadapan ketua majelis hakim Rochmad, saksi Dea Winnie mengatakan, jika permohonan proposal Jasmas diajukan oleh 7 anggota DPRD Surabaya.

Ketujuh anggota DPRD Surabaya Dermawan, Ratih Retnowati, Saiful Aidy, Dini Rinjani, Binti Rochma, Sugito dan Djunaedi. Hanya saja, proposal yang diajukan Djunaedi dari Partai Demokrat ini tidak direalisasi.
 
Terkait keterangan saksi bahwa ada keterlibatan 7 anggota DPRD Surabaya, jaksa Fadhil akan mengembangkan ke anggota dewan. Saat ini, pihaknya masih fokus mengungkap kesalahan terdakwa Agus Setiawan Tjong yang membuat harga tidak sesuai mekanisme pasar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kejari Tanjung Perak menahan Agus Setiawan Tjong karena merupakan pelaksana proyek pengadaan terop, kursi, meja dan sound system pada proyek jasmas.

Dari hasil audit BPK, proyek pengadaan program Jasmas yang melibatkan 230 RT ini merugi hingga Rp 5 miliar. Ini lantaran terdapat selisih angka satuan barang yang dimainkan oleh terdakwa Agus Setiawan Tjong, pada proyek yang bersumber dari APBD Kota Surabaya tahun 2016.

Dalam kasus ini, terdakwa Agus Setiawan Tjong didakwa melanggar pasal 2 ayat 1 juncto pasal 18 ayat 1 UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah UU RI nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat 1 KUHP.(end)

Berita Terkait

Korupsi Jasmas Mulai Menyebut Nama Pejabat Pemkot

Jaksa Tetapkan 3 Anggota DPRD Tersangka Korupsi Jasmas

Agus Tjong Bantah Sugito Terlibat Korupsi Jasmas

Tujuh Anggota DPRD Surabaya Disebut Terlibat Korupsi Jasmas
Berita Terpopuler
Meski Harga Gabah Naik, Petani Tak Jual Semua Hasil Panennya
Ekonomi Dan Bisnis  2 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber