Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Pemerintah Buka Keran Impor Bawang Putih Untuk Normalkan Harga
Kamis, 25-04-2019 | 17:36 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Jelang bulan puasa, Kementerian Perdagangan membuka ijin impor bawang putih sebanyak 115 ribu ton, yang ditargetkan dapat didistribusikan pada awal Mei mendatang. Tujuannya, agar dapat menormalkan harga bawang putih yang naik signifikan selama beberapa pekan terakhir.

Meroketnya harga bawang putih jelang bulan puasa yang bahkan menyentuh angka Rp 40 ribu per kilogram, membuat Kementerian Perdagangan akhirnya mengeluarkan ijin impor bawang putih pada 8 perusahaan dengan total impor 115.765 ton. Dengan harapan dapat didistribusikan ke pasar pada awal Mei nanti, sehingga harga dapat normal lagi.

Ijin impor tersebut hanya berlaku hingga 31 Desember 2019, sesuai dengan rekomendasi impor produk hortikultura dari Kementerian Pertanian. Kebanyakan imppr bawang putih berasal dari China.

Menurut Sekretaris Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Marthin Simanungkalit, sambil menunggu masuknya bawang putih impor, pihaknya telah mengimbau importir dan distributor agar segera mengeluarkan stok yang masih ada.

Terkait adanya dugaan penimbunan bawang putih, Marthin mengaku telah bekerja sama dengan satgas pangan untuk menindak apabila ditemukan.

Sementara kebutuhan bawang putih dalam negeri mencapai Rp 450 ribu ton per tahun, dan 90 persen lebih dipenuhi dari impor. Ini karena tanah di Indonesia tidak terlalu cocok untuk menanam bawang putih.(end)

Berita Terkait


Pemerintah Buka Keran Impor Bawang Putih Untuk Normalkan Harga


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber