Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

RSJ Menur Bentuk Tim Dokter Khusus Untuk Tangani Gadis Pemakan Tangan
Selasa, 23-04-2019 | 16:46 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Gadis pemakan tangan asal Kediri akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Pihak rumah sakit pun menyiagakan tim khusus untuk menangani pasien yang sebelumnya sempat dirawat di RSJ Lawang ini.

Tercatat ada 8 dokter spesialis multi disiplin, yang secara khusus dibentuk oleh pihak Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, untuk menangani Fitriani, gadis pemakan tangan. Mulai dari dokter kejiwaan, dokter penyakit dalam, dokter gigi, hingga dokter bedah plastik, untuk merekonstruksi kondisi tangan dan beberapa bagian tubuh yang luka akibat digigit.

dr. Herlin Ferliana, Direktur RSJ Menur Surabaya, mengatakan, diakui pihak RSJ Menur Surabaya, kondisi gadis 27 tahun tersebut masuk dalam tahap kronis. Sebab, gangguan kejiwaan yang dialami berada pada kondisi menyakiti diri sendiri, akibat mendengar suara dari alam bawah sadar.

"Namun begitu, tim dokter juga masih dalam proses penelitian lebih lanjut, terkait faktor yang melatarbelakangi Fitriani sehingga kerap melakukan hal yang menyakiti diri sendiri," kata dr Herlin Ferliana.

Fitriani, gadis pemakan tangan asal Kediri akhirnya dirujuk ke RSJ Menur Surabaya pada Sabtu malam. Semula, gadis yang tinggal bersama neneknya tersebut sempat dirawat di RSJ Lawang, dan RSJ Pare Kediri.

Namun akibat keterbatasan ekonomi, pihak keluarga enggan melanjutkan perawatan bagi wanita yang diduga stres akibat perceraian orang tuanya, pada 2005 silam itu. Fitriani pun sempat diisolasi di kamar berpintu besi karena kerap menyakiti warga sekitar, ketika tengah mengamuk. (yos)

Berita Terkait


RSJ Menur Bentuk Tim Dokter Khusus Untuk Tangani Gadis Pemakan Tangan

Gadis Pemakan Jari Dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa

Kasihan, Gadis Pemakaian Jari Ini Korban Orangtua Cerai


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber