Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Salah Rekap, Sejumlah TPS di Tuban Lakukan Hitung Ulang
Sabtu, 20-04-2019 | 15:00 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melakukan penghitungan surat suara. Pasalnya, pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan kesalahan dalam merekap perolehan suara. Meski demikian, pihak Bawaslu menilai bahwa pelaksanaan pemilu di Tuban, berlangsung aman dan lancar serta minim temuan dan pelanggaran.

Tahapan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2019, telah memasuki rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan. Rekapitulasi di tingkat kecamatan ini, salah satunya dilakukan di Kantor Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (20/4) siang.

Rapat pleno ini dipimpin oleh ketua panitia pemilihan kecamatan yang diikuti oleh petugas KKPPS didampingi panitia pemungutan suara, pengawas, serta saksi-saksi dari partai Politik, DPD serta saksi Presiden dan wakil Presiden.

Bawaslu Kabupaten Tuban menyatakan, pelaksanaan pemilu 2019 di bumi wali berlangsung aman dan lancar, hal itu sesuai dengan minimnya jumlah laporan, serta temuan pelanggaran yang diterima bawaslu tuban selama proses pemungutan suara hingga penghitungan suara.

Ulil Abror Al Mahmud, Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Tuban, menjelaskan, meski demikian, Bawaslu Tuban masih menemukan sejumlah kesalahan dalam rekapitulasi di tempat pemungutan suara, sehingga dilakukan penghitungan suara ulang dengan memanggil berbagai pihak, termasuk dari saksi peserta pemilu.

"Kesalahan rekapitulasi di tingkat TPS tersebut terbilang wajar, karena petugas banyak yang kelelahan lantaran bekerja hampir 24 jam nonstop," jelas Ulil Abror Al Mahmud.

Untuk wilayah yang mengalami salah rekapitulasi dan dilakukan penghitungan suara ulang diantaranya di Kecamatan Semanding, yakni di Desa Tegalagung TPS 09, serta Kelurahan Gedungombo TPS 15.

"Selain itu, di Kecamatan Bangilan, terdapat dua desa, yakni Desa Banjarworo TPS 12 serta Desa Kedungmulyo TPS 1," kata Ulil Abror. (yos)

Berita Terkait


KPU Jatim Rekapitulasi Suara Targetkan Tuntas Lima Hari

Bawaslu Bondowoso Wajibkan Panwascam Hadir Saat Rekapitulasi Kabupaten

Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara di KPU Tuban Diwarnai Sejumlah Protes

KPU Madiun Laksanakan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kota


KPU Madiun Mulai Lakukan Rekapitulasi Suara Dari PPK

KPU Kediri Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu

Rekapitulasi Suara Pemilu di Jatim Capai 70 Persen

KIPP Jatim Ungkap Potensi Manipulasi Suara Saat Rekapitulasi Suara di Kecamatan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber