Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Lembaga Pemantau Pemilu Jatim Simpulkan Money Politik Masih Marak
Jum'at, 19-04-2019 | 00:12 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Pelaksanaan pemilihan umum serentak 2019 telah usai. Dari hasil pemantauan lembaga pemantau pemilihan umum Jawa Timur, masih terdapat sejumlah catatan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Lembaga Pemantau Pemilihan Umum Jawa Timur, Afdholu Nasikin Kamis (18/4) di Tuban. Menurutnya, pelaksanaan pemilihan umum serentak yang dilakukan 17 April 2019 masih terdapat sejumlah catatan.

"Dari hasil pemantauan selama masa tenang hingga pelaksanaan pencoblosan terdapat beberapa catatan yang harus diperbaiki kedepannya. Pertama, masih banyaknya alat peraga kampanye yang terpasang pada hari tenang sebelum pencoblosan," kata Afdholu Nasikin.

Kedua masyarakat masih kesulitan dan bingung saat hendak melakukan pencoblosan, lantaran banyaknya surat suara. Serta masih banyak yang belum mengetahui warna-warna kertas suara, khususnya mereka yang berusia senja. Ketiga, terkait DPRD, DPD dan DPR RI.

Sedangkan yang terakhir adalah masalah money politik. Menurut Lembaga Pemantau Pemilu Jawa Timur, sebelum pelaksanaan pencoblosan money politik masih marak. "Bahkan justru sudah menjadi budaya dan dilakukan secara sistematis," jelas Afdholu Nasikin.

Sementara itu, menyikapi hasil quick count, Lembaga Pemantau Pemilu Jatim berpesan agar masyarakat tidak menyikapi dengan ueforia berlebihan. Namun tetap menahan diri dan menjaga kondisi agar tetap kondusif.

Meski memberikan catatan, Lembaga Pemantau Pemilu Jawa Timur, tetap memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah bekerja keras melaksanakan tahapan demi tahapan pemilu di Jawa Timur. (pul)

Berita Terkait


Belasan Orang Tuntut Penuntasan Dugaan Praktek Politik Uang di Blitar

Warga Ponorogo Pertanyakan Kasus Money Politik ke Bawaslu

Sempat Mangkir, Bawaslu Kembali Panggil Sejumlah Saksi Dugaan Politik Uang

Lembaga Pemantau Pemilu Jatim Simpulkan Money Politik Masih Marak


Ribuan Pengawas Pemilu Gelar Apel Patroli Politik Uang

Bawaslu Sudah Lakukan Pemetaan Terkait Politik Uang

Di Nganjuk Ada Kampung Anti Politik Uang, Begini Profilnya

Bawaslu Gandeng Ibu-Ibu Antispasi Kerawanan Politik Uang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber