Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Ratusan Narapidana Lapas Kelas II B Ngawi Mencoblos
Rabu, 17-04-2019 | 16:10 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ngawi, menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pemilu 2019. Sebagian besar merupakan pemilih pindahan, yang beralamat di luar Kabupaten Ngawi. Ironisnya, sebagian besar narapidana kehilangan hak pilih karena kendala administrasi.

Jumlah pemilihnya sebanyak 154 orang narapidana, dari total 167 yang masuk daftar pemilih tambahan. Sebanyak 13 orang tidak ikut mencoblos dalam lapas karena telah bebas.
 
Berdasarkan informasi lembaga terkait, dari total 399 warga binaan,  sebanyak 245 narapidana tidak bisa memilih. Mereka kehilangan hak pilihnya, karena berbagai masalah administrasi.

Irphand Dwi Sandjjo, Kepla Pengaman LP Kelas II B Ngawi, mengatakan, banyak warga binaan tidak memiliki nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga di daerah asalnya.

"Sebagian lainnya tidak terdaftar sebagai pemilih , meskipun memiliki NIK dan NKK. Dari ratusan pemilih tersebut, mayoritas berasal dari luar Kabupaten Ngawi," kata Irphan Dwi Sandjojo.


Sementara, Sasthaputra Pramudya, anggota KPU Kabupaten Ngawi, mengatakan, berdasarkan data dari KPU Kabupaten Ngawi, jumlah pemilih dalam DPTHP 3, sebanyak 705.092 orang, disiapkan 2760 TPS di 217 desa 19 kecamatan.

"Sedangkan sebanyak 3423 pemilih pindahan, dalam DPTB  disediakan 8 TPS khusus yaitu 1 di LP Kelas Dua B Ngawi dan 7 untuk pondok pesantren gontor putri 1 dan 2 di Kecamatan Widodaren dan Kecamatan Mantingan," kata Sasthaputra Pramudya. (yos)

Berita Terkait


ODGJ Ikut Salurkan Hak Suaranya

Puluhan Lansia Griya Werdha Tak Bisa Salurkan Hak Suara

Tak Miliki A 5, Puluhan Dokter Muda Tak Dapat Salurkan Suaranya

Lapas Wanita Sukun Kota Malang Buka 2 TPS


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber