Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

TPS Lapas Sidoarjo Kekurangan Surat Suara 390
Rabu, 17-04-2019 | 15:00 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Pelaksanaan pemilihan presiden, DPR-RI, DPD, DPRD propinsi dan DPRD Kabupaten Sidoarjo hari ini serentak dilaksanakan. Di Lapas Kelas II A Sidoarjo, pelaksanaan pemilihan sempat berhenti hingga 1 jam, karena terdapat kekurangan surat suara 339. Penghuni lapas yang memiliki hak suara nyaris golput. Untung saja, petugas KPPS dan Panwas segera melakukan koordinasi mencari surat suara ke TPS terdekat.

Pelaksanaan pemilihan presiden, DPR-RI, DPD, DPRD propinsi dan DPRD Kabupaten Sidoarjo di Lapas Sidoarjo sempat mengalami kendala. Di saat pendataan awal yang terdaftar sebagai pemilih tambahan(DPT-B) berjumlah 557 atau fom A5, namun saat pemilihan berlangsung, ternyata banyak kekurangan surat suara. Ini karena banyak pengiriman tahanan baru dari Polres maupun Polsek di Kabupaten Sidoarjo.
 
Setelah dilakukan pendataan oleh petugas KPPS di Lapas Sidoarjo, ternyata ada kekurangan surat suara 339. Untuk mengantisipasi adanya golput, petugas KPPS dan Panwas segera melakukan upaya mencari surat suara ke TPS terdekat.
 
Pengiriman surat suara ke dalam lapas dilakukan tiga kali oleh petugas KPPS. Keterlambatan pengiriman kekurangan surat suara hingga 1 jam. Banyak penghuni lapas yang memiliki hak suara terpaksa harus menunggu kedatangan surat suara.
 
Sujani, Ketua Bawaslu Kecamatan Sidoarjo mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan kecepatan petugas untuk segera mencari kekurangan surat suara. "Lapas merupakan daerah rawan golput, namun dengan adanya pendampingan petugas lapas, sehingga atusias penghuni lapas sangat luar biasa untuk memberikan hak suaranya ke TPS, meski sempat terdapat kekurangan surat suara," kata Sujani, Ketua Bawaslu Kecamatan Sidoarjo.
 
Kekurangan surat suara presiden 110, DPR-RI (61), DPD (98), DPRD provinsi (61) dan DPRD Kabupaten Sidoarjo (9). Kekurangan surat suara ini segera dipenuhi, meski harus tiga kali pengiriman ke lapas.
 
Dengan adanya pendampingan dari petugas lapas Sidoarjo, kekurangan surat suara tidak berdampak pada penghuni lapas, karena petugas KPPS dan Panwas segera memenuhi kekurangan surat suara tersebut.(end)

Berita Terkait


TPS Lapas Sidoarjo Kekurangan Surat Suara 390


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber