Berita Terbaru :
Microsoft Mulai Gantikan Tugas Jurnalis dengan Robot
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
   

Kuota Haji Tuban Tahun 2019 Menurun Menjadi 815 CJH
Info Haji  Rabu, 17-04-2019 | 04:30 wib
Reporter : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Kuota calon jamaah haji di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada tahun 2019 ini mengalami penurunan, jika pada tahun 2018 lalu mendapat jatah kuota 1009, pada tahun ini hanya jatah 815 saja. Penurunan kuota calon jamaah haji ini, merupakan kebijakan Kementerian Agama pusat.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Penyelenggara Haji Dan Umroh Kemenag Tuban, Umi Kulsum, saat ditemui di Kantor Kemenag Tuban. Menurutnya, kuota Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada tahun 2019 ini mengalami penurunan.

Jumlah kuota tersebut belum final, karena jumlah tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari kemenag pusat.

"Kuota final baru dapat diketahui setelah tahap pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahap dua berakhir, pada akhir bulan Mei 2019 mendatang," kata Umi Kulsum.

Saat ini tahapan yang berjalan adalah tahap pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji gelombang satu, pada tahap ini seluruh jamaah haji harus sudah melunasi biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apabila calon jamaah haji hingga tahap dua pelunasan biaya peneyelenggaraan ibadah haji, belum dapat melunasi hingga batas akhir tahap dua pada 29 Mei 2019 nanti, maka calon jamaah haji tersebut dinyatakan batal dan akan digantikan oleh calon jamaah haji yang masuk dalam daftar cadangan.

Dari jumlah 815 calon jamaah haji tahun 2019 ini, panitia penyelenggara haji Kementerian Agama Tuban, pada tahap satu pelunasan biaya penyelenggraan haji ini, yang sudah melunasi biaya serta melengkpai seluruh dokumen persyaratan clon jamaah haji ini, baru sekitar 784 calon jamaah haji yang lunas.

"Sedangkan 29 calon jamaah haji ini belum dapat melunasi biaya tersebut, karena alasan sakit serta alasan lainnya. Sedang dua calon jamaah haji lainnya, hingga tahap pelunasan biaya ibadah haji tahap satu di tutup, panitia penyelenggara belum dapat menghubunginya," ujar Umi Kulsum.

Sedangkan terkait dokumen persyaratan calon jamaah haji, seperti paspor, surat keterangan vaksin, serta kelengkapan lainnya, saat ini dalam proses peneyelesaian. (yos)

Berita Terkait

Bupati Minta Kuota Haji Bertambah Menjadi 600 Jamaah

Jawa Timur Dapat Tambahan Kuota Haji 436

Ini Pembagian 10 Ribu Kuota Haji Tambahan untuk 34 Provinsi

Kuota Haji Tuban Tahun 2019 Menurun Menjadi 815 CJH
Berita Terpopuler
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
Peristiwa  3 jam

Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Metropolis  1 jam



Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber