Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Emas Dunia Turun Pengaruhi Nilai Ekspor Perhiasan Jatim
Selasa, 16-04-2019 | 09:12 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Akibat harga emas dunia yang turun, berpengaruh pada turunnya nilai ekspor emas perhiasan dari Jawa Timur, di bulan Maret 2019. Meski begitu nilai ekspor Jatim di bulan Maret masih naik 7,08 persen dibandingkan bulan Februari.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat selama bulan Maret 2019, nilai ekspor Jawa Timur mencapai USD 1,81 milliar, naik 7,08 persen dibandingkan bulan Februari. Terdiri dari ekspor non migas USD 1,73 miliar dan ekspor migas USD 75,08 juta.

"Emas perhiasan tetap menjadi komoditi utama non migas yang memberikan kontribusi dengan nilai USD 315,30 juta. Namun nilai itu turun 23,77 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai USD 413,64 juta, akibat turunnya harga emas dunia," Teguh Pramono, Kepala BPS Jawa Timur.

Selain itu, ekspor komoditi terbesar, yakni golongan barang lemak, minyak hewan, serta tembaga.

Sementara nilai impor Jawa Timur mencapai USD 1,77 miliar , dengan rincian impor non migas USD 1,51 miliar dan impor migas USD 266,65 juta. Untuk komoditi non migas yang paling banyak diimpor, yakni jenis besi baja, mesin pesawat mekanik dan gandum-ganduman.

Dari nilai ekspor impor itu, neraca perdagangan Jawa Timur pada Maret lalu surplus sebesar USD 34,02 juta. Namun sayangnya secara kumulatif mulai Januari hingga Maret 2019, neraca perdagangan masih defisit sebesar USD 555,03 juta, yang disebabkan defisit dari sektor migas.(end)


Berita Terkait


Harga Emas Dunia Turun Pengaruhi Nilai Ekspor Perhiasan Jatim


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber