Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

KPU Tuban Lakukan Simulasi Pemungutan Suara dan Deklarasi Pesepeda Anti Golput
Senin, 15-04-2019 | 23:28 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Jelang pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Jawa Timur bersama komunitas pesepeda setempat, melakukan simulasi pemungutan dan deklarasi anti golput. Simulasi pemungutan suara dan deklarasi anti golput ini digelar di Pujasera Gedung Olahraga Ranggajaya Anoraga Tuban.

Dalam simulasi ini, tempat pemungutan suara dirancang menyerupai seperti kondisi aslinya pada saat pemilihan umum, Rabu 17 April 2019 mendatang. Petugas TPS juga disiapkan, mereka menggunakan seragam lengkap.

Sebelum pencoblosan dimulai, para petugas TPS terlebih dahulu mengecek seluruh kelengkapan, seperti jumlah surat suara hingga menyiapkan peralatan pemungutan suara yang ada di bilik suara.

Setelah semuanya siap, petugas bekerja seusuai dengan tugasnya masing-masing, mulai dari menerima warga yang akan menggunakan hak pilihnya, mengisi absensi, hingga mempersilahkan pemilih untuk mencoblos, memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dan mencelupkan tinta.

Simulasi ini melibatkan relawan demokrasi dan komunitas pesepeda di kota bumi wali, yang berperan sebagai KPPS, saksi, pengawas TPS, hingga warga yang akan menggunakan hak pilihnya.

Salamun, Komisioner KPU Tuban, menjelaskan, simulasi ini dilakukan merupakan untuk memberikan gambaran pemahaman secara utuh tentang kondisi reall di TPS, saat pemungutan suara serta mensosialisasikan warna surat suara yang akan mereka coblos.

Selain itu, komunitas pesepeda tuban juga menggelar deklarasi anti golput. Hal ini dilakukan untuk mengajak warga menggunakan hak pilihnya serta komitmen menjaga pemilu 2019 damai.

Dengan kegiatan ini, diharapkan angka golput pada pemilu serentak 17 april 2019 dapat diminimalisir serta dapat berjalan dengan lancar dan damai. (yos)

Berita Terkait


KPU Tuban Lakukan Simulasi Pemungutan Suara dan Deklarasi Pesepeda Anti Golput

KPU Kota Blitar Lakukan Simulasi Pencoblosan

Simulasi Pencoblosan Pemilu 2019 Dikritik Bupati Pasuruan

Simulasi Pemilu Ricuh, Polisi Bubarkan Massa Anarkis


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber