Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Walikota Pasuruan Non Aktif Dituntut 6 Tahun Penjara
Senin, 15-04-2019 | 16:41 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Pasuruan pojokpitu.com, Walikota Pasuruan Non Aktif Setiyono, kembali menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya dengan agenda pembacaan tuntutan. Jaksa KPK menuntut Setiyono dengan pidana penjara 6 tahun dan denda sebesar Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan penjara.

Setiyono dituntut jaksa KPK, karena diduga menerima fee proyek bangunan pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro di Kota Pasuruan. Tak hanya itu, Setiyono ternyata juga diduga terlibat menerima fee berbagai proyek di Kota Pasuruan dari tahun 2016 hingga tahun 2018.

Dua anak buahnya yang juga terlibat, yaitu Pelaksana Harian Kepala Dinas PU Kota Pasuruan, Dwi Fitri Nurcahyo dan Staf Kelurahan Purutrejo Wahyu Tri Hardianto, juga turut menghadiri agenda sidang tuntutan yang diselenggarakan di ruang sidang Cakra ,Pengadilan Tipikor Surabaya. Ketiganya terlihat menyimak surat tuntutan yang dibacakan jaksa KPK Taufiq Nugroho.

Untuk pelaksana harian Kepala Dinas PU Dwi Fitri Nurcahyo dituntut 5 tahun penjara, denda Rp 350 juta subsider 6 bulan. Sedangkan staf kelurahan Purut Rejo Wahyu Tri Hardianto dituntut 6 tahun penjara denda Rp 200 juta subsider 6 bulan.

Ketiganya dituntut dengan pasal 12 huruf B dan pasal 55 KUHP. Setiyono dituntut 6 tahun penjara, dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu Setiyono juga wajib mengganti uang kerugian negara sebesar Rp 2,26 milyar, dan dicabut hak politiknya untuk dipilih selama 3 tahun.

Sementara itu Kuasa Hukum Setiyono Ali Ismail merasa keberatan dengan tuntutan jaksa KPK. Pasalnya banyak hal yang seharusnya meringankan. Namun tidak diungkap ke persidangan. Oleh sebab itu, pihaknya bakal mengajukan pledoi di persidangan selanjutnya.(end)

Berita Terkait


Diduga Korupsi Rp 3,8 Milyar, Mantan Ketua PSSI Pasuruan Diringkus Polda Jatim

Kadis PU Kota Pasuruan Divonis 5 Tahun Penjara

Walikota Pasuruan Non Aktif Dituntut 6 Tahun Penjara

KPK Limpahkan Berkas Perkara Penututan Waikota Pasuruan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber