Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Daur ulang gelas plastik yang disulap menjadi lampion. Foto Kris
Daur Ulang Gelas Plastik Jadinya Seperti Ini
Selasa, 09-04-2019 | 21:15 wib
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Sampah plastik menjadi persoalan yang kini tengah dihadapi masyarakat. Demi mengurangi sampah plastik, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun memberikan pelatihan daur ulang sampah plastik.

Pelatihan daur ulang yang dilaksanakan melibatkan perwakilan bank sampah dari tiap kelurahan. Pelatihan menyulap gelas plastik menjadi sebuah lampion. Gelas plastik ditempelkan satu sama lain dengan melubangi menggunakan solder.

Sekretaris Dinas Sosial PP-PA Kota Madiun, Warsini menjelaskan, daur ulang untuk mengurangi persoalan sampah plastik yang kini tengah dihadapi oleh masyarakat. Selain itu, sampah plastik yang mampu disulap menjadi barang bernilai ekonomis dapat membantu menambah pendapatan keluarga. Pelatihan ini sekaligus untuk meningkatkan jiwa wirausaha bagi anggota bank sampah di kota madiun.

Pelatihan daur ulang sampah plastik ini mendapat tanggapan positif dari warga. Selain membuat lampion dari gelas plastik, peserta pelatihan juga diajari membuat dompet maupun tas dari bahan plastik kresek. Dompet dan tas plastik kresek ini dibuat dengan cara disongket.

Tidak semua barang bekas harus berakhir ditempat sampah. Namun, jika dimanfaatkan dengan baik barang bekas bisa menjadi barang dengan nilai ekonomis yang tinggi. (pul)

Berita Terkait


Sungai Bengawan Solo Dipenuhi Sampah Popok, Semakin Hari Sampah Kian Menumpuk

Daur Ulang Gelas Plastik Jadinya Seperti Ini

Dus, Pesisir Suramadu Penuh Sampah Popok

Penuh Popok, Khofifah Bersih-Bersih Kali di Surabaya


Tak Sampai Satu Jam, Aktivis Kumpulkan 700 Sampah Popok di Pantai

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber