Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Bawaslu Libatkan Media dan Relawan TIK Awasi Pemilu 2019
Selasa, 09-04-2019 | 02:26 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso, melibatkan unsur media dan relawan teknologi dan informasi dalam pemilu 2019. Kedua unsur ini ikut serta mengawasi dan langsung melapor apabila terjadi pelanggaran pemilu, utamanya money politic jelang tahapan pungut hitung.

Bawaslu Kabupaten Bondowoso terus menguatakan sistem pengawasan jelang 17 April, di Bondowoso pengawas kabupaten menggandeng unsur media dan relawan teknologi informasi komunikasi, untuk ikut berpartisipasi aktif dalam gelaran pemilihan presiden wakil presiden maupun pemilihan anggota legislatif.

Para pekerja media yang hadir merupakan keseluruhan media di bondowoso, baik online, cetak maupun wartawan elektronik televisi. Sedangkan untuk RTIK hanya perwakilan dari lingkup kabupaten saja.

Fricas Abdillah, Divisi Hukum Bawaslu Bondowoso, menjelaskan, sejumlah unsur tersebut akan turut serta mengawasi pemilu, oleh para penyelenggara, pengawas, maupun pesertanya.

"Peran yang diberikan yakni dalam bentuk memberikan informasi dan laporan secara cepat, apabila terjadi pelanggaran pada jalannya tahapan yang telah berlangsung," kata Fricas Abdillah.

Tak hanya itu, Bawaslu juga berharap media dan pelaku dunia maya bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang aturan hukum dan bermacam pelanggaran dalam pemilu utamanya politik uang jelang tahapan pungut hitung di TPS. Hal ini untuk meminimalisir dan bentuk antisipasi dini sebelum terjadinya berbagai pelanggaran tersebut.

Bawaslu berharap apabila pengawasan oleh media dan relawan ini adalah sarana terbaik guna mendapatkan informasi tercepat dan paling akurat. (yos)

Berita Terkait


Polres Malang Siapkan Pengamanan Gugatan Pemilu di MK

Antisipasi Pergerakan Massa, Ratusan Polisi Amankan Kantor Bawaslu dan KPU

Polisi Perketat Pengamanan Rekap Suara Tingkat Kabupaten

Gudang Tempat Penyimpanan Surat Suara di Bojonegoro Dipasangi CCTV


Simulasi Pengamanan Pemilu Diwarnai Bentrok dan Kejar-Kejaran Mobil

Polres Bojonegoro Siapkan 700 Personil Untuk Pengamanan Pemilu 2019

Simulasi pengamanan pemilu 2019

Siapkan 26 Ribu Personil Untuk Pengamanan Pemilu 2019

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber